Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 20 2022

    Baru 10 Tahun, Simak Fakta Noella McMaher, Model Transgender Termuda yang Tampil di NYFW 2022

    Kawula Muda, penampilan Noella di New York Fashion Week membuat banyak orang penasaran akan sosoknya.

    Noella McMaher, model transgender berusia 10 tahun. (INSTAGRAM/NOELLA MCMAHER)


    Penampilan Noella McMaher di ajang New York Fashion Week (NYFW) 2022 sukses mencuri perhatian warga dunia. Pasalnya, Noella McMaher masih berusia 10 tahun dan ia adalah seorang transgender.

    Noella McMaher pun menjadi model termuda transgender yang berhasil tampil di ajang fesyen terkemuka di dunia tersebut.

    Noella bersama sesama transgender lainnya melenggang di NYFW 2022 membawakan koleksi rancangan dari Trans Clothing Company, sebuah brand yang membuat pakaian bagi kelompok transgender.

    Siapa sebenarnya Noella McMaher, anak berusia 10 tahun yang akhirnya memilih untuk menjadi seorang transgender? Simak fakta Noeel McMaher di bawah ini, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

    Noella McMaher terlahir sebagai laki-laki

    Berbeda dari penampilannya saat ini, Noella McMaher terlahir sebagai seorang laki-laki dengan nama Chicagoan Noella McMaher. Orang tua Noella adalah seorang trans parents yang memproklamirkan sebagai queer family yaitu keluarga yang membuka ragam gender lebih dari dua.

    Pada saat Noella berumur 2 tahun, ia menolak untuk memakai baju laki-laki. Ketika berusia 3 tahun, Noella bahkan berkata kalau dia bukan anak laki-laki melainkan anak perempuan.

    Orang tua Noella kemudian membawanya ke sebuah klinik. Di klinik tersebut Noella mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang perempuan. Pada saat usianya menginjak 6 tahun, orang tua Noella mengubah semua identitasnya yang semula laki-laki menjadi perempuan.

    Noella menjadi transgender

    NOELLA MCMAHERModel transgender, Noella McMaher. (INSTAGRAM/NOELLA MCMAHER)

     

    Sejak saat itulah Noella mengindentifikasikan dirinya sebagai seorang perempuan. Menjadi seorang transgender sejak belia tentu saja membuat hidup Noella tidak mudah. Teman-teman di sekolahnya termasuk para guru merasa kesulitan untuk menjelaskan konsep transgender, sehingga Noella kerap dikucilkan.

    Menyukai dunia modelling sejak kecil

    Walaupun di sekolah dikucilkan, hal tersebut tidak membuat Noella berkecil hati. Ia memilih untuk mengejar mimpinya menjadi seorang model. Di rumah ia sering belajar modelling secara otodidak melalui YouTube.

    Pada saat ia masih berusia 7 tahun, Noella sudah mendapatkan kontrak dari 2 orang desainer dan tampil di Chicago Fashion Week. Hingga akhirnya, ia bisa melenggang di panggung New York Fashion Week 2022.

    Noella jadi aktivis transgender

    Walaupun masih berusia belia, Noella juga dikenal sebagai seorang aktivis transgender. Pada 2019, ia menjadi bagian dari kampanye tentang hak-hak murid LGBTQ di sekolah yang dilakukan oleh Gubernur Illinois J.B Pritzker. Saat itu, Noella tampak memakai kaus bertuliskan,”This is what trans looks like”. Ia bahkan kerap mengikuti parade yang mengampanyekan LGBTQ di Amerika Serikat.

    NOELLA MCMAHERNoella McMaher, model transgender berusia 10 tahun yang tampil di New York Fashion Week 2022. (INSTAGRAM/NOELLA MCMAHER)

     

    Ayah kandung menentang transisi Noella

    Di saat keinginan Noella untuk menjadi seorang transgender sangat didukung oleh sang ibu dan ayah tirinya, ayah kandung Noella justru menjadi salah satu orang yang sangat menentang hal tersebut. Ayah kandung Noella, Timothy McCord, yang bekerja sebagai seorang ilmuwan berbasis di Chicago bahkan sampai mencoba memaksa Noella untuk memakai piyama anak laki-laki hingga mematahkan lengannya.

    Akhirnya McCord dinyatakan bersalah karena tindakan yang membahayakan sang anak dan sejak itu dia tidak bisa melihat Noella lagi.

    “Saya mencoba kembali ke kehidupan mereka, tapi itu terlalu kontroversial dan membuat stres bagi semua orang,” katanya.

    “Saya tidak bisa berkata apa-apa. Ia bukan anak saya lagi,” lanjut McCord.

    Noella diprediksi bakal miliki karier cemerlang

    Sukses tampil di New York Fashion Week, membuat Noella langsung kebanjiran tawaran dari sejumlah brand, termasuk untuk tampil di Paris Fashion Week. Dari sejumlah tawaran tersebut diperkirakan pada tahun depan Noella akan memperoleh penghasilan sampai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar.

    Editor Team

    COMMENT