Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 23 2022

    BBM Pertalite Dikabarkan Cepat Habis, Ini 5 Penyebab Bensin jadi Boros

    Ada apa aja ya?

    ilustrasi pengisian BBM (unsplash/down mcdonald)


    Bensin Pertalite yang dinilai lebih boros secara pemakaian pasca adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditetapkan oleh Pemerintah belakangan tengah ramai menjadi perbincangan masyarakat luas di tanah air. 

    Ternyata, terdapat beberapa alasan mengapa penggunaan bensin pada kendaraan bisa menjadi boros. 

    Berikut penyebab penggunaan bensin pada kendaraan jadi cepat habis!

    1. Terlambat Mengganti Oli

    Keterlambatan melakukan servis rutin kendaraan lo termasuk mengganti oli merupakan salah satu alasan utama mengapa penggunaan bensin menjadi boros. Penurunan kualitas oli pada kendaraan adalah alasan mengapa oli dapat mempengaruhi boros tidaknya penggunaan bensin pada kendaraan. Setiap oli biasanya memiliki jarak tempuh rata-rata sekitar 5.000 km.

    2. Filter Bensin Kotor

    Keterlambatan dalam melakukan servis rutin motor lagi-lagi menjadi alasan dari borosnya penggunaan bensin pada kendaraan. Servis rutin motor tidak hanya mengganti oli tetapi juga termasuk membersihkan filter bensin. Bensin yang tidak terfilter dengan baik (kotor) akan mengakibatkan penggunaan bensin menjadi boros lantaran adanya kotoran yang masuk ke ruang bakar. Selain menjadikan penggunaan bensin lebih boros, bensin yang kotor juga berpotensi merusak ruang bakar kendaraan.

    3. Filter Udara Kotor

    Filter udara yang kotor juga menjadi alasan dari borosnya penggunaan bensin. Hal ini terjadi lantaran kurangnya udara yang masuk ke dalam mesin memicu piston bekerja lebih berat dan memakan penggunaan bensin lebih banyak.

    4. Penggunaan AC yang Terlalu Dingin

    Adanya AC yang bisa digunakan dalam sebuah kendaraan memang memberi kenyamanan lebih bagi si pengendara. Namun demikian, penggunaan AC yang terlalu dingin ternyata memaksa kompresor untuk membagi daya. Hal ini mengakibatkan tenaga mesin terkuras dan kompresor AC bekerja dengan keras. Hal ini juga membutuhkan penggunaan bensin yang lebih banyak.

    5. BBM dengan Oktan Rendah

    Penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan standar pabrik pada mesin juga mampu mengakibatkan borosnya penggunaan bensin pada suatu kendaraan. Penggunaan bensin yang lebih boros bisa jadi diakibatkan oleh rendahnya kualitas oktan suatu bahan bakar. Oktan minimal dari sebuah bahan bakar untuk kendaraan adalah 89-90. 

    Editor Team

    COMMENT