Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 07 2021

    Bingung Cara Nabung? Simak Tips Menabung Paling Mudah, Kawula Muda Pasti Bisa!

    Kawula Muda, pengin nabung? Langsung simak aja nih tipsnya!

    Ilustrasi menabung (UNSPLASH.COM)

    Menabung selalu menjadi salah satu resolusi setiap manusia. Dengan menabung, masa depan keuangan bisa menjadi lebih baik. Tentu Kawula Muda tidak mau setiap ada uang langsung dihabiskan begitu saja, bukan?

    Menabung dapat menjadi salah satu cara mengatur keuangan sejak dini. Hal ini karena tabungan adalah sesuatu yang sangat krusial untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga, misal mendadak sakit, membayar hutang, hingga pemutusan hubungan kerja.

    Mengutip Cermati, berikut adalah beberapa tips menabung yang bsa diterapkan:

    Menyisihkan 10 persen gaji untuk ditabung

    Sebenarnya, tidak diharuskan untuk sebesar 10 persen. Tentu lebih banyak akan jauh lebih baik untuk dianggarkan ke tabungan. Namun, 10 persen sudah berada di angka yang bagus.

    Begitu menerima gaji, langsung sisihkan secepatnya dan jangan ditunda. Takutnya jika ditunda, akan tergoda untuk segera mengeluarkannya lagi demi keperluan lain.

    Masukkan uang tabungan ke rekening bank

    Menyimpan uang kini tidak sesulit zaman dahulu seperti di bawah kasur, di celengan, dan lainnya. Hadirnya bank tentu akan memudahkan karena setiap bank bisa menawarkan keuntungan, salah satunya bebas biaya administrasi bulanan.

    Selain itu, menabung di bank tentu akan membuat uang tabungan menjadi aman. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan mempermudah jika sewaktu-waktu ingin melakukan pinjaman atau kredit karena telah menabung di bank tersebut.

    Simpan dan tabung uang recehan

    Seperti layaknya pepatah “sedikit-sedikit menjadi bukit”, ada baiknya juga untuk menyimpan uang recehan yang didapatkan ketika melakukan transaksi. Misalnya, uang koin Rp 100, Rp 200, Rp 500, ataupun Rp 1.000. Siapa tahu, uang-uang receh seperti ini dapat menyelamatkan saat duit sedang pas-pasan.

    Menabung sesuai tanggalan

    Ini bisa diterapkan apabila sulit menabung sekaligus dalam jumlah yang besar. Misalnya, pada tanggal 20 di setiap bulannya, menabung Rp 20 ribu. Pada tanggal 21 menabung Rp 21 ribu, dan seterusnya.

    Jika bisa menerapkan hal ini, dalam sebulan Kawula Muda sudah menabung Rp 496 ribu. Dengan demikian, dalam setahun dapat mencapai hampir Rp 6 juta, loh!

    Jadi bagaimana? Menabung itu enggak sulit kan? 

    Editor Team

    COMMENT