Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 07 2020

    Bioskop Terkecil di Dunia

    Hai Kawula Muda, unik dan ramah lingkungan, ini dia bioskop terkecil di dunia!

    Bioskop terkecil di dunia, Sol Cinema. (INSTAGRAM/SOL CINEMA)

    Ada sensasi tersendiri saat kita menonton film di bioskop. Ruangan, audio, dan pencahayaan adalah beberapa faktor yang membuat seseorang lebih memilih menonton film di bioskop.

    Nah, kalau umumnya kita akan menemukan ruangan yang luas, megah, dan canggih, berbeda dengan bioskop yang berada di Inggris ini. Sangat jauh dari konsep bioskop kebanyakan, bioskop bernama Sol Cinema ini justru imut sekali.

    Sol Cinema merupakan sebuah studio kecil dalam karavan. Saking kecilnya, bioskop ini hanya bisa menampung 8 orang penonton. Meski demikian, fasilitas yang disediakan cukup nyaman.

    Studio dilengkapi dengan layar proyektor LED, sound system, tempat duduk yang nyaman, serta popcorn gratis. Pegawai Sol Cinema pun berpakaian seragam layaknya petugas bioskop pada umumnya. 

    Tidak hanya ukuranya yang kecil, Sol Cinema juga menawarkan konsep  yang berbeda, yaitu konsep pop up cinema, jadi bisa melakukan pertunjukan di mana-mana. Yang paling asyik, menonton di bioskop terkecil di dunia ini ternyata gratis.

    Baca Juga

      Keunikan lain Sol Cinema adalah ramah lingkungan, karena memanfaatkan matahari sebaggai sumber energi. Sesuai dengan namanya, sol bearti matahari.

      Menurut keterangan dalam situs resmi Sol Cinemamereka menggunakan panel surya 120W photovoltaic untuk menangkap dan menyalurkan energi matahari ke generator.

      Lalu, film-film apa sajakah yang diputar di Sol Cinema?

      Di bioskop ini, penonton  bisa menyaksikan satu dari koleksi film pendek yang diarsip Sol Cinema. Selain itu, bisa juga menonton klip musik atau video yang dibawa sendiri oleh para penontonnya. Biasanya itu dilakukan oleh penonton yang datang bersama rekan-rekan.

      Sol Cinema awalnya digagas oleh Jo Furlong yang merupakan seorang seniman dan kini juga merangkap tugas sebagai tukang popcorn Sol Cinema

      Dibantu teman-temannya, ia mewujudkan ide awal yakni mengumpulkan barang-barang bekas untuk membuat studio film dalam karavannya. Bahkan proyektor dan fasilitas lainnya juga merupakan barang bekas dan donasi dari para kolektor barang antik. 

      Jadi, tidak heran jika Jo Furlong dan timnya dianggap berhasil memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan dan menjalankan gerakan peduli lingkungan. Mengagumkan. Sudah unik, ramah lingkungan pula. 

      Saat ini, Sol Cinema telah berkeliling ke lebih dari 300 lokasi di seluruh Inggris untuk melakukan pertunjukan. Pada hari biasa mereka menawarkan pertunjukan gratis di lapangan kota atau pusat-pusat perbelanjaan.

      Editor Team

      COMMENT