Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 22 2021

    Cara Mudah Meningkatkan Saturasi Oksigen dari Rumah

    Kawula Muda, jangan panik dulu ya!

    Ilustrasi pengecekan saturasi oksigen. (SHUTTERSTOCK)

    Memeriksa saturasi oksigen atau kadar oksigen dalam darah dinilai sangat penting di era pandemi ini. Tak heran, jika oximeter mulai banyak dijual di pasaran.

    Oximeter sendiri merupakan alat untuk mengecek saturasi oksigen dengan cara menjepit alat tersebut pada jari tangan. 

    Melansir unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan RI, level saturasi oksigen juga berhubungan dengan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya, terutama bagi pasien Covid-19.

    Kadar oksigen yang menunjukkan angka 95 hingga 100 persen menandakan orang tersebut dalam kondisi baik. Kemudian, untuk kadar oksigen 93 persen hingga 94 persen perlu melakukan proning untuk meningkatkan kadar oksigen. 

    Selanjutnya, saturasi oksigen di bawah 92 persen harus ditangani oleh dokter secepatnya. Sedangkan, pasien dengan saturasi oksigen di bawah 80 persen harus menggunakan ventilator.


    Lalu, bagaimana caranya meningkatkan saturasi oksigen dengan teknik proning?

    1. Berbaring tengkurap di atas alas selama 30 menit. Pastikan pasien telah menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. 
    2. Posisi kedua, berbaring menyamping selama 30 menit. Pastikan bahwa alas dan bantal berada di bawah leher, panggul, dan di jepit di antara kedua kaki pasien Covid-19.
    3. Duduk dengan kaki selonjor lurus ke depan dan menempelkan badan ke dinding selama 30 menit. Gunakanlah penyangga bantal dalam posisi duduk.

    Perlu dicatat bahwa pasien Covid-19 yang akan mencoba teknik proning ini juga harus berada di sebuah ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Jika teknik tersebut sering dilakukan namun tak menunjukkan perubahan yang signifikan, pergilah ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan.

    Semoga yang sakit disembuhkan, semoga yang sehat selalu disehatkan. Semangat, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT