Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 27 2022

    Catat! 6 Hal Ini Menjadi Penyebab Umum Koper Hilang di Bandara

    Hai Kawula Muda, catat nih biar gak kehilangan koper di bandara.

    Ilustrasi koper di bandara. (FREEPIK)

    Kehilangan koper di bandara pastinya bukan pengalaman yang menyenangkan. Tidak hanya kerugian materil, tapi juga kerugian moril karena isi koper bisa jadi sesuatu yang sangat berharga dan penuh kenangan.

    Dikutip dari Skyscanner, berikut ini 6 penyebab koper hilang di bandara.

    1. Mepet waktu saat check-in

    Setiap maskapai penerbangan pasti memiliki peraturan untuk batas maksimal check in. Tujuannya adalah untuk mengamankan absen kita sebagai penumpang dan membuat para petugas maskapai dan bagasi lebih mudah dalam mendata barang bawaan penumpang.

    Jika kedatangan kita mepet waktu dengan waktu penerbangan, maka saat check-in pendataan koper dan penempelan tag pada koper bisa tidak berjalan normal, bahkan bisa berujung pada kondisi di mana kita diminta untuk terbang terlebih dahulu sementara koper kita akan dikirim di penerbangan berikutnya.

    2. Perubahan jadwal penerbangan

    Perubahan jadwal penerbangan bisa saja terjadi karena kondisi cuaca, masalah teknis di pesawat, atau overbooking/underbooking. Terkadang perubahan jadwal ini membuat penumpang panik dan menjadi tidak fokus untuk menjaga barang bawaannya. Sehingga bisa saja tertinggal saat penerbangan telah terjadwal ulang.

    KOPER DI BANDARAIlustrasi koper di bandara. (FREEPIK)

     

    3. Koper terlalu besar

    Ukuran dan berat koper biasanya sudah ditentukan oleh setiap maskapai. Bila koper kita ukurannya terlalu besar atau terlalu berat, maka akan memakan banyak tempat dan kemungkinan besar dipindahkan ke jadwal penerbangan berikutnya dengan harapan masih tersisa banyak ruang di bagasi.

    4. Tertukar

    Ada begitu banyak koper di bandara. Dari sekian banyak koper, ada saja koper yang punya kembaran. Untuk menghindari tertukarnya koper secara tidak sengaja, pastikan koper kita terlihat mencolok, berbeda dari yang lain, serta tambahkan aksesori atau tanda khusus yang mudah dikenali.

    5. Terlalu banyak stiker

    Stiker penanda rute adalah hal yang lazim dilakukan dalam setiap penerbangan. Bila sudah melewati masa pakainya sebaiknya copot stiker dari koper, untuk memudahkan petugas bandara mendapat informasi terkini tentang koper kita.

    6. Lupa mengambil koper

    Lupa mengambil koper sangat mungkin terjadi ketika kita terlalu lelah atau tidak sabar untuk sampai di tempat tujuan. Bila ternyata harus kelupaan membawa koper, jangan terlalu panik. Label dari maskapai penerbangan yang menggantung di koper bisa menjadi penyelamat yang membuat koper kita tidak akan berpindah alamat.

    Untuk mengambil koper yang tertinggal, kita bisa mendatangi konter bagasi, memberikan deskripsi yang jelas, menunjukkan identitas diri yang aktual dan koper bisa kembali pulang bersama kita.

    Editor Team

    COMMENT