Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 17 2021

    Cedera Saat Bersepeda, Bagaimana Mengatasi dan Mencegahnya, Bagian 2

    Kawula Muda, olahraga itu gak bisa sembarangan ya.

    Aktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

    Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang tiga jenis cedera yang biasa dialami saat bersepeda, yaitu cedera karena benturan, nyeri pinggang, dan nyeri lutut. 

    Kita lanjutkan tiga jenis cedera berikutnya ya, goweser!

    4. Nyeri pergelangan tangan, jari, lengan, dan leher 

    Nyeri di sekitar leher dan pergelangan tangan sering kali terjadi karena terlalu banyak tekanan yang disalurkan melalui tubuh bagian atas.

    Idealnya, sekitar 60 persen berat tubuh sebaiknya diposisikan di belakang sepeda, dan 40 persen di depan. Jika terlalu banyak yang melewati setang maka lengan dan pergelangan tangan kalian akan memikul beban berat.

    Jadi hal pertama yang harus diperiksa adalah jangkauan kalian tidak terlalu panjang dan setang kalian tidak terlalu rendah.

    Sakit leher juga bisa muncul jika palang terlalu rendah, karena pengendara dipaksa untuk melakukan hiperekstensi (terlalu mendongak) saat melihat apa yang ada di depan.

    Nyeri pergelangan tangan dapat terjadi saat posisi setang memaksakan sudut yang tidak wajar, maka sesuaikan posisi setang senyaman mungkin. Memilih setang yang tidak terlalu lebar menjadi pilihan yang baik untuk membantu mengurangi tekanan.

    Kesemutan di jari bisa turun ke tekanan pada saraf Ulnar, yang membentang di antara jari manis dan kelingking. Ini disebut neuropati Ulnar atau kelumpuhan stang.

    Kompresi saraf median, yang menyebabkan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan jari manis, bisa diatasi dengan menggunakan sarung tangan sepeda yang memiliki bantalan untuk membantu mencegah kompresi saraf.

    Namun, ini bisa menjadi cedera yang terus berlanjut. Jadi jika mati rasa terus berlanjut, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

    BERSEPEDAAktivitas bersepeda. (INSTAGRAM/UNITED BIKE)

     

    5. Nyeri Kaki

    Rasa seperti terbakar, mati rasa atau nyeri di bagian bawah kaki biasa terjadi sebagai akibat dari tekanan pada saraf yang menjalar dari mata kaki dan menuju jari-jari kaki. 

    Untuk mengatasinya, kita perlu melunakkan atau mendistribusikan kembali tekanan itu. Solusinya adalah melonggarkan sepatu yang kalian kenakan. Jika memungkinkan, carilah sepatu yang memiliki ruang bernapas, dan hindari sepatu sempit bersol keras.

    Selain kaki panas, masalah kaki lainnya yang sering menyerang pelari tetapi dapat memengaruhi pengendara sepeda adalah plantar fasciitis.

    Plantar fascia adalah jaringan tebal yang membentang di sepanjang bagian bawah kaki, yang tugasnya adalah mengencangkan kaki saat kita melangkah, untuk memungkinkan distribusi tenaga melalui telapak kaki.

    Plantar fascia bisa menjadi terlalu kencang atau rusak karena stres yang tidak semestinya. Dalam kasus ini, latihan seperti menggulung kaki di atas bola tenis dapat membantu meredakan rasa sakit. Dalam jangka panjang, sol sepatu khusus yang menopang lengkungan kaki dapat mencegah stres yang tidak semestinya.

    SEPEDAAktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

     

    6. Gangguan sadel

    Jika pengendara mulai duduk miring di atas sadel, berusaha menghindari tekanan pada kulit, cedera lain dapat muncul dan ini mungkin lebih sulit untuk diobati. 

    Luka karena sadel bervariasi, umumnya area kulit yang menonjol di sekitar bokong atau bagian bawah dan disebabkan oleh kontak dengan sadel. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menjaga area tersebut tetap bersih (mencuci dengan sabun tanpa pewangi) dan kering. 

    Jika duduk di sadel terasa sakit, istirahatlah beberapa hari dari sepeda sampai kulit yang sakit mereda. 

    Dalam hal pencegahan, yang terpenting adalah pemilihan sadel dan celana yang kalian gunakan saat bersepeda. Pastikan sadel dipasang dengan benar. Celana  bersepeda harus pas, dengan bantalan yang sesuai dengan bentuk tubuh kalian. Jangan lupa, krim chamois dapat digunakan untuk membantu mengurangi gesekan dan membunuh bakteri. 

    Penting untuk segera mengganti celana pendek bersepeda setelah bersepeda, dan  mencucinya setelah digunakan. 

    Ingat ya, para goweser! Cedera saat bersepeda bisa kita hindari. Namun, kadang situasi terjadi di luar kendali kita. Ya, apa mau dikata. Pastikan saja tetap berusaha untuk selalu waspada dan berhati-hati, ya!

    ...

    Cieee nemu passwordnya untuk 18 Januari 2021! Nah Kawula Muda ini passwordnya ya. Jadi nanti pas ditelepon Prambors jawabnya jangan halo, tapi "PRAMBORS DAN UNITED BIKE, SEPEDA GRATIS SETIAP HARI".

    Kalo nanti jawab halo, kamu otomatis gagal. Tapi, kalo langsung jawab passwordnya, kamu semakin dekat buat dapetin sepeda dari United Bike!!!! Good luck ya!

    Editor Team

    COMMENT