Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 06 2022

    Cek Kesiapan Kendaraan sebagai Persiapan Arus Balik Mudik

    Hati-hati di jalan ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi mobil (UNSPLASH/CHUTTERSNAP)

    Ketika kembali pulang ke rumah usai mudik, adalah hal yang penting untuk memastikan kendaraan berada di posisi prima. Hal itu dikarenakan perjalanan yang panjang tentu memiliki risiko sendiri apabila tidak mempersiapkan kesiapan kendaraan. 

    Karena itu, berikut 11 hal penting yang harus dicek dan dipersiapkan Kawula Muda apabila ingin melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil!

    MobilIlustrasi mobil (UNSPLASH/Evgeny Tcgebotarev)

     

    Air Radiator

    Air radiator mobil sebaiknya berada dalam kondisi penuh. Sementara itu, air reservoir sebaiknya berada di batas level sehingga tidak terlalu penuh. Kawula Muda juga perlu mengecek selang penghubung ke reservoir ya! Jangan sampai selang tersebut bocor, menggelembung, retak, atau bahkan pecah. 

    Filter dan Selang Bensin

    Selang bensin adalah hal yang penting agar tidak mengalami hambatan selama di jalan. Pastikan selang bahan bakar tersebut tidak memiliki keretakan maupun kebocoran ya! Karena berkaitan dengan bahan bakar, tentu pengecekan kesiapan filter dan selang bensin harus rutin dilakukan. 

    Oli Mesin

    Kawula Muda jangan lupa untuk mengecek volume oli mesin mobil lo, ya! Caranya dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli yang sesuai seharusnya berada di garis antara tanda L dan F. Sebaiknya, level oli berada sedikit saja di bawah garis F. Kawula Muda juga disarankan menghitung jarak tempuh agar dapat terlebih dahulu mempersiapkan oli sesuai kebutuhan. 

    Putaran Kipas Pendingin

    Fitur AC tentu menjadi fitur yang diperlukan apabila Kawula Muda ingin melakukan perjalanan jauh dengan nyaman. Karena itu, pastikan apakah pendingin di mobil Kawula Muda dapat berfungsi dengan baik. Sementara itu, terdapat dua macam putaran kipas, yakni diputar oleh belt dan motor listrik

    Apabila AC mobil Kawula Muda diputar oleh belt, maka pastikan belt tersebut dalam kondisi fisik yang baik ya! Jangan lupa untuk turut mengecek ketegangan tension belt agar kipas dapat berputar secara maksimal. Sementara itu, apabila AC Kawula Muda diputar oleh motor listrik, perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur, ya! Apabila jarum tersebut tidak mencapai garis tengah, ada baiknya Kawula Muda kembali mengecek kondisi air pendingin maupun kipas. 

    Aki

    Pastikan Kawula Muda mengecek baut di kutub aki dan membersihkan kutub aki dari kotoran ya! Jangan lupa untuk memeriksa apakah level air aki mobil Kawula Muda masih cukup untuk perjalanan jauh. 

    Timing Belt

    Apabila sebelumnya timing belt Kawula Muda telah digunakan sekitar 50.000 km, ada baiknya Kawula Muda berjaga-jaga dengan menggantinya. Hal itu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut apabila lo harus melakukan perjalanan jauh. 

    Rem

    Jika level minyak rem di bawah batas level minimal, ada baiknya Kawula Muda kembali mengeceknya. Hal itu dikarenakan terdapat potensi kebocoran minyak tersebut. Selain itu, pastikan juga apakah selang dan master rem berfungsi dengan baik. Sementara itu, yang terpenting adalah mengecek apakah sistem rem dapat bekerja dengan baik. Hal itu dikarenakan rem blong menjadi salah satu penyebab kecelakaan tertinggi saat berkendara. 

    Saringan Udara

    Agar tetap memiliki ventilasi yang baik, ada baiknya Kawula Muda membersihkan saringan udara sebelum menempuh perjalanan jauh. 

    Ban

    Kondisi ban secara fisik dan tekanan ban juga perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan. Normalnya, tekanan ban berkisar di antara 30-34 psi. 

    Lampu

    Agar mampu memberi tanda dengan baik ke pengendara lainnya, pastikan kondisi lampu mobil Kawula Muda dapat menyala dengan normal ya!

    Wiper

    Mengingat adanya potensi hujan saat arus balik mudik, pastikan wiper mobil Kawula Muda dapat berfungsi dengan normal.

    Selamat kembali beraktivitas, Kawula Muda! Kalau kata Tulus, hati-hati di jalan ya!!

    Editor Team

    COMMENT