Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 01 2020

    Christian Dior Gunakan Kain Endek Bali untuk Mengangkat Nilai Budaya

    Kawula Muda, pkali ini ada yang spesial nih dari Dior.

    Paris Fashion Week 2020, Christian Dior. (vogue.com)

    Brand mode Christian Dior menggelar fashion show untuk koleksi spring/summer 2021 di ajang Paris Fashion Week (PFW) pada Selasa (29/9/2020) di Jardin de Tuileries, Paris.

    Dalam salah alah satu koleksi yang bertema “Kolase”, Dior menggunakan kain Endek Bali sebagai material pada beberapa karyanya.

    Kain Endek Bali dipakai Dior untuk koleksi tas dan pakaian. Dari 86 desain terbaru dari Christian Dior, terdapat 9 motif kain Endek Bali yang digunakan.

    Artistic Director brand ini, Maria Grazua Chiuri, menyatakan bahwa keputusan Christian Dior menggunakan kain Endek Bali adalah karena ingin mengangkat nilai kebudayaan dan karya keterampilan dari para penenun perempuan.

    Pada penggunaannya, Christian Dior berkoordinasi dan bekerja sama dengan Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, yang turut hadir pada acara tersebut.

    Kerja sama ini dilakukan untuk memastikan penggunaan kain sesuai pada aturan budaya dan adat Bali. Christian Dior memberikan pengakuan tinggi terhadap keindahan kualitas kain Endek Bali, serta ingin membawa kontribusi positif terhadap dunia fesyen internasional.

    Sebagai bentuk pengakuan terhadap para penenun di Bali, Christian Dior berencana mencantumkan daerah asal kain Endek pada label setiap koleksinya, baik pakaian maupun tas. Aksi Dior ini tentu saja didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Bali.

    Pemerintah Porvinsi Bali juga menekankan agar Dior menghormati Hak Atas Kekayaan intelektual (HAKI) atas Kain Endek Bali. Penggunaan Kain Endek harus benar-benar hasil produksi asli dari Bali.


    Editor Team

    COMMENT