Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 24 2022

    Daftar Kontroversi Arnold Putra, Bikin Tas dari Tulang Manusia

    Menurut lo gimana, Kawula Muda?

    Arnold Putra dengan salah satu orang hutan Mentawai (INSTAGRAM/ARNOLD PUTRA)

    Nama desainer Indonesia, Arnold Putra kembali jadi perbincangan masyarakat. Hal itu terkait dengan beredarnya dugaan bahwa desainer tersebut merupakan sosok pemesan paket organ manusia dari Brazil. 

    Ini bukan pertama kali nama Arnold Putra menghebohkan Indonesia. Telah beberapa kali desainer sekaligus selebgram tersebut melakukan hal-hal kontroversial terkait busana yang ia rancang. 

    Arnold PutraRancangan tas tangan Arnold diketahui terbuat dari tulang manusia dan lidah buaya (INSTAGRAM/ARNOLD PUTRA)

    1. Desain tas dari tulang belakang manusia

    Pada 2016 lalu, publik dihebohkan dengan tas tangan rancangan Arnold yang diketahui terbuat dari tulang manusia dan lidah buaya. Hal itu diketahui dari keterangan unggahan Arnold pada 26 September 2016 lalu.

    "Alligator Tongue Basket Bag. Handle made of an entire child's spine who had osteoporosis. Collection: Amitayus, Made in Los Angeles,” tulisnya. 

    2. Menukar barang palsu dengan suku pedalaman

    The Unconventional turut menyoroti Arnold yang kerap menemui berbagai suku pedalaman dunia. Desainer tersebut mencoba untuk menukar barang-barang mewah dengan barang-barang ‘berharga’ bagi suku-suku paling konservatif di dunia. Aktivitas dan beberapa cerita Arnold dengan suku-suku pedalaman tersebut turut dibagikan lewat media sosial Instagram miliknya. 

    Namun, akun Twitter SuperiorGab menulis bahwa barang-barang merah yang ditukarkan Arnold kerap kali merupakan barang palsu. Walaupun begitu, belum ada pernyataan lebih lanjut dari Arnold terkait hal tersebut.

    3. Datang ke Paris Fashion Week dengan seragam serupa Pemuda Pancasila

    Pada Paris Fashion Week 2022, Arnold tampil dengan sensasional dengan tampilan ala Pemuda Pancasila. Sebuah setelah jaket loreng kemerahan, celana kargo, t-shirt hitam, hingga rompi kulit Balenciaga membuatnya kembali dibicarakan publik. 

    Terdapat pula tulisan “Pemuda Pancasila” serta logo mirip ormas PP di bagian dada. Atas busana tersebut, Ketua Satuan Pelajar-Mahasiswa Pemuda Pancasila mengapresiasi busana tersebut karena disebut membawa ideologi Pancasila mendunia.

    Gimana menurut Kawula Muda dengan aksi-aksi desainer satu ini?

    Editor Team

    COMMENT