Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 06 2021

    Dinobatkan Sebagai Desa Wisata Terbaik, Inilah Empat Tempat Menarik di Desa Nglanggeran

    Kawula Muda, tertarik coba yang mana nih?

    Desa Nglanggeran, Yogyakarta (Tempo)

    Desa Wisata Nglanggeran yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewah Yogyakarta, baru saja mengukir prestasi sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia dari Organisasi Wisata Dunia (UNWTO).

    Desa wisata ini masuk dalam daftar UNWTO Best Tourism Villages 2021 bersama sejumlah desa wisata lainnya di seluruh dunia.

    Berikut adalah berbagai destinasi wisata menarik yang ditawarkan pihak pengelola Desa Wisata Nglanggeran untuk pengunjung:

    1. Gunung Api Purba

    Gunung ApiGunung Api Purba Nglanggeran (Hipwee)

     

    Gunung Api Purba adalah lokasi wisata pertama yang wajib dikunjungi saat tiba di Desa Nglanggeran. Gunung ini merupakan salah satu dari tiga gunung purba di Pulau Jawa. Gunung api yang pernah aktif jutaan tahun lalu ini tersusun dari material vulkanik tua yang membentuk pegunungan batu berukuran raksasa.

    Gunung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu situs geologi yang memperoleh penghargaan terbaik tourism karena merupakan wisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya ekonomi, masyarakat lokal, pembelajaran serta pendidikan.


    2. Waduk Nglanggeran

    WadukWaduk Nglanggeran (Kompas)

     

    Sekitar 1,5 km dari wisata Gunung Api Purba, terdapat destinasi wisata lainnya yakni Waduk Nglanggeran, atau penduduk setempat biasa menyebutnya Embung. Perjalanan dari Gunung Api Purba menuju waduk akan ditemani barisan pohon kakao, juga peternakan kambing etawa kelompok Purbaya.


    3. Air Terjun Talang Purba dan Kedung Kandang

    Air TerjunAir Terjun Nglanggeran (Klook)

     

    Selain Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran, di Nglanggeran juga terdapat dua air terjun populer yakni Air Terjun Talang Purba dan Air Terjun Kedung Kandang. Keduanya memiliki karakteristik yang sama, dengan aliran air yang bertingkat, bebatuan licin, dan lokasinya berada di daerah persawahan menambah kesan asri dan natural pada kedua air terjun tersebut.


    4. Pesona mistis Kampung Pitu

    Pesona NgalnggeranPesona Mistis Kampung Nglanggeran

     

    Wisata terakhir yang dapat dikunjungi di Desa Nglanggeran adalah Kampung Pitu. Kampung Pitu adalah destinasi wisata yang menarik sekaligus penuh sejarah mistis. Desa Pitu merupakan sebuah desa di puncak timur situs Gunung Api Purba Nglanggeran dengan ketinggian 740 mdpl.

    Editor Team

    COMMENT