Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 24 2021

    Ditakuti Warga Afghanistan, Ini Bentuk Sneakers Cheetah yang Lambangkan Kedamaian untuk Taliban

    Kawula Muda, kece banget nih sepatu Taliban!

    Anggota Taliban menggunakan sneakers Cheetah. (Dok. NY TIMES)

    Kawula Muda, tentunya setiap daerah memiliki "jagoan" sneakers-nya masing-masing, tak terkecuali kelompok Taliban. Rupanya, kelompok Islam ekstremis itu semuanya menggunakan sepatu sneakers high top (sepatu tinggi) bernama Cheetah, keluaran Servis.

    Servis ini rupanya merupakan perusahaan sepatu terbesar di Pakistan. Melansir NY Times, brand sepatu itu memang sudah terkenal digunakan oleh para atlet, bahkan ikut didukung oleh bintang olahraga.

    Model Cheetah juga menjadi salah satu model best seller milik Servis. Sepatu tinggi dengan garis hijau dan kuning ini memiliki warna dasar putih. 

    "Biasanya, kita memakai sepatu putih dan warna putih itu melambangkan kedamaian," ucap Najibullah Aqtash, komandan lokal Taliban di Provinsi Kunduz.

    Tak hanya itu, ia menambahkan, bahwa warna putih juga adalah warna bendera Taliban.

    Jika sepatu itu melambangkan kedamaian, warga-warga di Afghanistan menganggap sepatu yang dijuluki "Haqqani High-tops" oleh pasukan Amerika Serikat itu sebagai simbol kekerasan di kaki Taliban.

    Sepatu itu seakan menjadi "tanda" bahaya setiap masyarakat Afghanistan. Pasukan AS pun diketahui sering berhenti dan menanyakan setiap orang yang menggunakan sneakers itu. Terlebih lagi, petugas intelijen diketahui mengingatkan unit yang dikerahkan ke Afghanistan untuk melihat sepatu yang dikenakan. 

    "Look out for the sneakers," begitulah kira-kira komando petugas.

    Sepatu itu pun dibanderol dengan harga US$13 (Rp187 ribu) hingga US$25 (Rp360 ribu). Melansir CNN Indonesia, sepatu itu dijual di beberapa laman reseller di Pakistan dengan harga sepuluh kali lipatnya, yaitu Rp1,8 juta.

    Menurut kamu gimana, Kawula Muda, dengan model Cheetah ini?

    Editor Team

    COMMENT