Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 30 2022

    Fakta Desa Butuh di Indonesia yang Dapat Julukan Nepal Van Java, Destinasi Wisata Buat Healing

    Kawula Muda, enggak usah jauh-jauh ke Nepal, nih!

    Desa Butuh yang terletak di Magelang, Jawa Tengah mendapat julukan Nepal Van Java. (TWITTER/ALIVIKRY)

    Indonesia ternyata punya satu tempat yang pemandangannya mirip banget dengan Nepal yang dikenal sebagai salah satu negara dengan pemandangan paling menakjubkan di dunia.

    Negara yang mendapatkan julukan sebagai langit-langit dunia ini menjadi rumah dari delapan puncak tertinggi di dunia sehingga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Karena keindahannya, Nepal menjadi salah satu tempat wisata wajib yang ingin sekali dikunjungi oleh sebagian besar masyarakat dunia.

    Tapi nih, buat warga Indonesia sepertinya enggak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Nepal. Karena di Indonesia juga ada tempat yang punya pemandangan menakjubkan enggak kalah dari Nepal dan cocok banget sebagai destinasi wisata buat healing.

    Tempat yang bernama Desa Butuh ini bahkan mendapat julukan sebagai Nepal Van Java. Pengin tahu lebih banyak tentang Desa Butuh yang mirip sama Nepal ini? Simak fakta menarik Desa Butuh yang dapat julukan Nepal-nya Indonesia di bawah ini ya!

    Terletak di kaki Gunung Sumbing

    Desa Butuh terletak di Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Desa Butuh merupakan salah satu tempat tertinggi di Magelang dengan ketinggian mencapai 1.620 mdpl, karena terletak di kaki Gunung Sumbing.

    Dulunya jalur pendakian

    DESA BUTUHPemandangan Desa Butuh di Magelang dinilai mirip dengan suasana Nepal. (TWITTER/OLANATIONS)

     

    Sebelum dikenal dengan pemandangannya yang mirip dengan Nepal, Desa Butuh merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Sumbing. Makanya, di desa ini terdapat basecamp pendakian menuju Gunung Sumbing.

    Dapat julukan Nepal Van Java

    Desa Butuh pertama kali mendapatkan julukan sebagai Nepal Van Java pada 2019 lalu. Saat itu, seorang pendaki menyebut bahwa penampakan desa ini mirip dengan suasana Nepal. Sejumlah foto-foto yang memperlihatkan keindahan suasana Desa Butuh pun sempat jadi viral.

    Susunan rumah dengan metode terasering, dengan atap rumah berwarna warni, serta latar belakang keindahan Gunung Sumbing, jadi salah satu alasan Desa Butuh dibilang mirip banget dengan Nepal.

    Waktu terbaik berkunjung ke Desa Butuh

    Karena jadi salah satu jalur pendakian dan letaknya di lereng gunung, untuk bisa mencapai Desa Butuh bisa menggunakan mobil atau motor. Bisa juga menyewa jasa ojek untuk dapat sampai ke lokasi.

    Sejak viral, Desa Butuh menerapkan sistem tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang. Para wisatawan yang berkunjung bisa mendatangi sejumlah spot selfie yang ada di desa ini.

    Waktu terbaik untuk berkunjung ke Desa Butuh adalah pada waktu pagi hari dengan cuaca yang cerah. Suasananya cocok banget buat Kawula Muda yang butuh healing.

    Wah, Desa Butuh Nepal Van Java sepertinya wajib masuk list destinasi wisata di Indonesia yang harus dikunjungi nih, Kawula Muda!    

    Editor Team

    COMMENT