Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 21 2021

    Gelar Acara “Apple Spring Loaded”, Apple Resmi Umumkan 7 Produk Baru

    Kawula Muda! Kira-kira produk baru Apple apa yang pengin cepet-cepet lo beli?

    Apple Spring Loaded yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (21/04), dini hari tadi, waktu Indonesia barat. (technohoop.com)

    Apple baru saja menggelar acara bertajuk Apple Spring Loaded pada Rabu (21/04) dini hari tadiDalam acara yang dipimpin oleh CEO Apple Tim Cook dan dilangsungkan secara virtual tersebut, Apple mengumumkan serangkaian produk dan pembaruan baru untuk berbagai perangkat, mulai dari Apple Card hingga iPad Pro. Berikut adalah 7 produk dan pembaruan baru Apple yang diumumkan dalam Apple Spring Loaded.

    1. Apple Card

    Apple CardApple Card yang kini memungkinkan konsumen untuk menjadi pemilik bersama layanan. (FintekAsia)

     

    Apple Card merupakan layanan kartu kredit yang diciptakan oleh Apple Inc. Kartu tersebut dibuat untuk digunakan dengan Apple Pay dalam perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, atau Apple Watch. Tim Cook menyebutkan bahwa terdapat pembaruan dalam cara kerja Apple Card yang memungkinkan konsumen untuk menjadi pemilik bersama layanan tersebut. Sebelumnya, Apple Card telah hadir dalam bentuk Apple Card Family. Fitur tersebut mengizinkan pengguna berbagi kartu dengan anggota keluarganya yang berusia di atas 13 tahun. Selain itu, batas pengeluaran tiap-tiap pengguna tambahan pun dapat disesuaikan.

    2. Apple Podcast

    Apple PodcastApple Podcast yang akan segera menghadirkan fitur langganan berbayar. (rev,com)

     

    Dalam Apple Spring Loaded, Apple menyebut pihaknya akan merilis aplikasi podcast dengan fitur baru. Adapun, fitur baru yang dijanjikan adalah opsi berlangganan (bulanan maupun tahunan) dalam podcast individu. Dikutip dari Kompas.com, Apple Podcast sebelumnya tersedia secara cuma-cuma bagi pengguna perangkat Mac dan iOS. Seiring waktu, Apple berupaya mengomersialkan layanan tersebut dan menghadirkan fitur podcast berbayar agar dapat menggaet lebih banyak creator ke platform miliknya.

    3. iPhone 12

    iPhone 12 UnguiPhone 12 kini tersedia dalam pilihan warna ungu. (Dok. Apple)

     

    Apple tidak meluncurkan iPhone maupun layanan baru untuk perangkat ini dalam acaranya. Akan tetapi, Apple menyajikan alternatif pilihan warna baru untuk iPhone 12 dan iPhone 12 mini, yaitu ungu. Di sisi lain, generasi iPhone ke-13 kabarnya akan hadir tahun ini.

    4. AirTag

    AirTagApple resmi umumkan akan meluncurkan AirTag dalam "Apple Spring Loaded". (Dok. Apple)

     

    Setelah beredar rumor terkait peluncuran AirTag, Apple akhirnya mengumumkan bahwa pihaknya akan merilis AirTag–aksesoris yang dapat digunakan untuk melacak berbagai jenis barang seperti dompet, kunci, hingga tas, melalui aplikasi Find My. Aplikasi tersebut sebelumnya dimanfaatkan untuk mencari perangkat Apple yang hilang.

    Pihak Apple menyebutkan bahwa AirTag akan mulai dijual ke konsumen pada 30 April 2021 dengan harga yang bervariasi, mulai dari US$29 (setara dengan kurang lebih Rp420 ribu) hingga US$ 99 (sekitar Rp1,4 juta) per paket. Satu paket AirTag akan berisi empat unit.

    Dikutip dari CNN Indonesia, AirTag tidak didesain dengan baterai yang dapat diisi ulang. Pengguna perlu melakukan penggantian baterai secara berkala, layaknya jam tangan. Di sisi lain, AirTag juga disebut tidak dilengkapi dengan gantungan yang sejatinya berguna untuk mengaitkan benda tersebut ke benda lain agar tidak tercecer. Meski demikian, Apple kabarnya akan meluncurkan casing khusus AirTag yang harus dibeli secara terpisah.

    5. Apple TV 4K

    Apple TV 4KApple TV 4K kabarnya akan didukung chip A12 Bionic Apple. (Dok. Apple)

     

    Produk Apple lain yang kabarnya mendapat pembaruan besar adalah Apple TV 4K. Pertama kali meluncur pada 2017, Apple TV 4K baru akan didukung oleh chip A12 Bionic Apple yang memungkinkan konsumen untuk mengkalibrasi gambar menggunakan perangkat iPhone. Adapun, kalibrasi dapat dilakukan dengan meletakkan kamera depan iPhone di dekat TV, maka Apple TV K4 secara otomatis dapat mengoptimalisasikan output warna dan kontrasnya.

    Di samping itu, Apple juga melakukan desain ulang remote untuk produk ini. Jika sebelumnya Apple TV K4 menggunakan remote touchpad, kini perusahaan beralih memanfaatkan clickpad lima arah dengan roda gulir layaknya iPod. Di bagian sampingnya, terdapat tombol Siri yang memungkinkan pengguna berbicara dengan TV. Remote baru ini rencananya akan dijual terpisah dengan harga kurang lebih US$59 dan dapat digunakan untuk Apple TV HD generasi sebelumnya.

    6. iMac

    iMaciMac yang tersedia dalam tujuh pilihan warna. (Dok. Apple)

     

    Dalam acara yang sama, Apple resmi mengumumkan peluncuran iMac barunya yang memanfaatkan prosesor M1. iMac tersebut kabarnya akan hadir dalam dua model, memiliki layar 24 inci, serta kualitas gambar yang disebut mencapai 4,5K. Di samping itu, produk ini juga akan dilengkapi kamera FaceTime 1080p. Menariknya, iMac baru milik Apple akan tersedia dalam tujuh warna: merah muda, kuning, hijau, oranye, biru, ungu, dan perak. Akan tetapi, beberapa warna hanya tersedia untuk model tertinggi.

    Kedua model iMac baru Apple akan dilengkapi dengan SSD 256GB, dua port Thunderbolt, serta sensor sidik jari Touch ID pada bagian keyboard-nya. Adapun, iMac dengan 8-core CPU / 7-core GPU akan dibanderol dengan harga US$1,299 atau setara dengan ] Rp18,8 juta. Sementara itu, model 8-core CPU / 8-core GPU untuk produk ini dijual seharga US$1.499 atau sekitar Rp21,8 juta.

    7. iPad Pro

    iPad ProiPad Pro yang kabarnya akan dilengkapi dengan dengan chip M1. (Dok. Apple)

     

    Produk terakhir yang diperkenalkan Apple dalam acaranya adalah iPad Pro dengan chip M1. Sebelumnya, chipset tersebut telah digunakan untuk perangkat Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini. Sementara itu, prosesor M1 juga digunakan dalam iMac baru yang peluncurannya diumumkan bersamaan dalam acara Apple Spring Loaded. Menurut Apple, pembaruan pada iPad Pro mampu meningkatkan 50 persen kinerja dibanding versi sebelumnya.  Di sisi lain, iPad Pro juga disebut menggunakan 8-core GPU / 8-core CPU serta telah mampu mendukung 5G. Perangkat ini dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 2 TB dan RAM mencapai 16 GB.

    iPad Pro akan dibanderol dengan harga berbeda, bergantung pada model dan ukuran layarnya. Adapun, iPad Pro dengan layar 11 inci dijual seharga US$799 (Rp11,6 juta), sementara layar 12,9 inci dihargai dengan US$1.099 (Rp15,9 juta). iPad Pro keluaran baru rencananya dapat mulai dipesan di Amerika Serikat pada 30 April tahun ini.

    Gimana Kawula Muda, ada produk baru Apple yang pengin lo beli, nggak?

    Editor Team

    COMMENT