Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 28 2022

    Genre Musik yang Sering Didengar Ternyata Bisa Pengaruhi Personalitas Lo!

    Kalo lo suka musik metal, pop, jazz, ternyata ada hubungannya sama personalitas lo!

    Musik penting bagi kesehatan mental dan fisik. (FREEPIK)

    Musik memainkan peran penting dalam kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Banyak orang yang bertanya, apakah bisa musik bisa mengungkapkan pribadi seseorang?

    Setiap orang pasti memutarkan musik untuk mendapatkan inspirasi, memotivasi diri, dan lain-lain. Seberapa besar pilihan-pilihan itu dipengaruhi oleh peran musik yang berperan penting dalam kehidupan seseorang.

    DENGAR MUSIKIlustrasi sedang mendengarkan musik. (FREEPIK)

     

    Ada salah satu studi dari Universitas Heriot-Watt yang mengambil lebih dari 36.000 peserta dari seluruh dunia. Peserta diminta untuk menilai lebih dari 104 gaya musik yang berbeda.

    Menurut peneliti, Adrian North, alasan orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka mungkin terkait dengan seberapa besar hubungannya dengan sikap dan kepribadian.

    Berikut kepribadian seseorang berdasarkan genre lagu yang mereka dengarkan:

    1. Musik pop

    Penggemar top 40 pop hits cenderung ekstrover, jujur, dan konvensional. Sementara pecinta musik pop pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, para peneliti mengatakan bahwa mereka cenderung kurang kreatif dan lebih gelisah.

    2. Rap dan Hip/Hop

    Siapa yang suka sama jenis musik rap dan hip/hop? Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap itu keras dan kejam, para peneliti justru tidak menemukan hal tersebut.
    Penikmat musik rap dan hip/hop cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya ramah.

    3. Musik rock/heavy metal

    Siapa bilang penyuka lagu rock orangnya galak? Para peneliti menemukan bahwa penikmat musik ini biasanya cukup lembut dan sering tertutup.

    4. Musik indie

    Penggemar genre indie biasanya introvert, intelektual, dan kreatif. Menurut peneliti, mereka juga cenderung kurang pekerja keras dan kurang lembut.

    5. Musik dansa

    Menurut peneliti, orang yang lebih menyukai musik dansa biasanya terbuka dan tegas. Mereka juga cenderung memiliki peringkat tinggi dalam sifat keterbukaan terhadap pengalaman.

    Sedangkan, orang-orang yang lebih menyukai musik dansa elektronik yang bergerak cepat juga cenderung memiliki peringkat rendah dalam hal kelembutan.

    6. Musik klasik

    Pencinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Mereka kreatif dan memiliki rasa harga diri yang baik.

    7. Musik jazz, blues, dan soul

    Orang yang menikmati musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrover dengan harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

    Jadi, mana yang masuk ke personalitas lo Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT