Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 18 2020

    Google Hum, Fitur Baru Buat Kamu yang Ingat Nada tapi Lupa Lirik dan Judul Lagu!

    Kawula Muda, kalian hanya perlu bersenandung atau bersiul untuk menemukan lagu!

    Foto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

    Pernah enggak sih saat kalian ingin menyanyi tapi lupa lirik lagu dan hanya mengingat nadanya?

    Pasti sebagian besar kalian pernah mengalami kejadian ini. Tetapi, kalian enggak perlu bingung lagi, karena Google baru saja meluncurkan fitur baru bernama Hum to Search.

    Hum to Search bakal memudahkan kalian untuk menemukan lagu yang dicari. Kalian hanya perlu bersiul ataupun bersenandung langsung ke mikrofon selama 15 detik.

    Setelah itu teknologi Google akan mengubahnya menjadi urutan berbasis angka, dan menampilkan hasil penelusuran lagu yang diminta.

    Selain nyanyian dan siulan, fitur Hum to Search juga mampu mengidentifikasi lagu berdasarkan rekaman audio.

    SUARAIlustrasi seorang laki-laki memakai earphone. (FREEPIK)

     

    Canggihnya, hasil penelusuran Google akan mencakup beberapa informasi antara lain judul lagu, cover album, nama penyanyi, lirik lagu, video musik, bahkan cover lagu yang tersedia. Hasil pencarian juga akan menampilkan tautan untuk mendengarkan lagu di layanan streaming.

    Selain di Google Search, fitur Hum to Search juga berfungsi di layanan Google Assistant. Caranya juga sangat mudah, kalian hanya perlu mengatakan "Hai Google, lagu apa ini?" Atau kalian bisa juga mengatakan "What is this song?", lalu kalian menyanyikan lagu yang ingin dicari.

    Menurut penjelasan Google, teknologi ini tidak mengharapkan pemakainya harus menyanyikan lagu dengan nada yang sempurna. Karena seluruh hasil pencarian akan berdasarkan lagu.

    Setelah hasilnya muncul, kalian bisa memilih lagu mana yang paling cocok dengan nada yang dinyanyikan.

    Saat ini fitur Hum to Search telah tersedia dalam pilihan 20 bahasa bagi pengguna Android. Sedangkan untuk pengguna iOS, baru tersedia dalam bahasa Inggris. Google berharap dapat menambah bahasa lagi pada masa mendatang.


    Editor Team

    COMMENT