Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 30 2021

    Heboh! Rapper Lil Nas X Rilis “Satan Shoes” yang Mengandung Darah Manusia, Nike Layangkan Gugatan

    Kawula Muda, kalau kalian pengin punya sepatunya enggak?

    "Satan Shoes" sebagai hasil kolaborasi Lil Nas X dan MSCHF. (MSCHF)

    Rapper Lil Nas X meluncurkan sepatu dengan kandungan darah manusia dan liontin pentagram yang diberi nama Satan Shoes. Sepatu ini merupakan hasil kolaborasi Lil Nas X dengan MSCHF, salah satu art collective yang berbasis di New York.

    Satan Shoes dibuat dengan memodifikasi Nike Air Max 97s. Sepatu ini dijual terbatas, yakni hanya sebanyak 666 pasang. Setiap pasang diberi nomor seri berwarna merah di sisi luar sepatu.

    Menanggapi hal tersebut, Nike semula mengaku tidak turut terlibat dalam modifikasi dan peluncuran sepatu. Namun baru-baru ini, Nike disebut menggugat kolektif MSCHF karena telah menjual Satan Shoes dalam kolaborasi bersama Lil Nas X.

    Nike menganggap peluncuran Satan Shoes telah mencoreng reputasi mereka. Belum lagi beberapa konsumen kini menganggap Nike telah mendukung setanisme.

    Di sisi lain, pada 29 Maret 2021, MSCHF menyebutkan bahwa 665 pasang Satan Shoes telah habis terjual dalam waktu kurang dari satu menit sejak peluncurannya. Sementara itu, satu pasang sisanya, yang bernomor seri 1/666 menjadi milik Lil Nas X.

    Satan Shoes dijual seharga 1.018 dolar AS atau setara dengan lebih dari Rp14 juta. Pemilihan harga didasarkan pada salah satu ayat Alkitab yang tercantum pada sepatu. Ayat tersebut diambil dari Lukas 10:18 dan berbunyi, “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.”

    Satan Shoes MSCHF 2"Satan Hoes" yang dijual seharga US$1.018. (MSCHF)

     

    Menurut MSCHF, tiap sepatu mengandung cat merah dan satu tetes darah manusia di bagian air bubble sole-nya. Creative Director MSCHF menjelaskan bahwa tim kreatif mengumpulkan tetes darah manusia dari para anggota art collective menggunakan jarum untuk tes glukosa rumahan. Ia juga membenarkan bahwa Nike sama sekali tidak terlibat dalam produksi karya tersebut.

    Satan Shoes kemudian menuai sejumlah kritik dari tokoh politik dan agama terkenal. Meski demikian, terdapat pula penggemar-penggemar yang mengunggah tweet berisi dukungan serta keinginan untuk memiliki sepasang sepatu seri tersebut.

    Setelahnya, Lil Nas X mengunggah video berjudul Lil Nas X Apologizes for Satan Shoe di channel YouTube resminya.

    Sayangnya, setelah beberapa detik video dimulai, justru muncul klip video musik Montero (Call Me By Your Name) yang menampilkan aksi Lil Nas X menari dengan karakter iblis.

    Di sisi lain, MSCHF memang telah dikenal akibat karya-karyanya yang kontroversial. Sebelumnya, MSCHF pernah merilis sepatu modifikasi Nike Air Max 97 yang mengandung air suci dari Sungai Yordan. Sepatu tersebut diberi nama Jesus Shoes.

    Editor Team

    COMMENT