Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 03 2021

    Ingin Mempelajari Cara Memutar Uang? Coba Mainkan 5 Game Simulasi Bisnis Berikut!

    Belajar bisnis ternyata juga bisa dilakukan sambil bermain game, loh, Kawula Muda!

    Ilustrasi seseorang yang bermain game. (FREEPIK)

    Bermain game tak hanya dilakukan untuk melepas penat. Nyatanya, game bisa menjadi salah satu sarana menambah ilmu dengan cara yang tidak membosankan. Kamu juga bisa belajar berbisnis dan memutar uang dengan bermain game. Berikut merupakan rekomendasi lima game yang bisa kamu gunakan sebagai simulasi untuk melakukan bisnis.

    1. Lemonade Tycoon

    Lemonade TycoonGame Lemonade Tycoon yang mengajak pemain untuk berbisnis jus lemon. (GameHouse)

     

    Penggemar GameHouse mungkin sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Lemonade Tycoon merupakan salah satu game PC klasik yang mengajak pemainnya untuk menjalankan usaha berupa bisnis jus lemon. Kamu bisa merasakan sensasi mengumpulkan pundi-pundi dari berjualan jus lemon. Layaknya bisnis minuman di dunia nyata, Lemonade Tycoon akan memintamu untuk membuat resep, mengatur budget dan harga jual, hingga menentukan tempat untuk berjualan. Kamu bahkan diberi opsi untuk memperbesar usaha dengan membeli mesin blender baru atau memilih jenis lemon yang lebih sedap.

    2. Virtonomics

    VirtonomicsGame simulasi bisnis Virtonomics. (Youtube/Virtonomics: business simulation game)

     

    Virtonomics menyediakan berbagai simulasi video game ekonomi yang dapat kamu coba. Game tersebut dapat diakses melalui browser atau perangkat mobile. Dalam Virtonomics, kamu dapat mencoba membeli berbagai jenis usaha, seperti perdagangan, pertambangan, hingga perkantoran. Kamu pun dapat mengamati pertumbuhan ekonomi serta kerugian yang dialami oleh usahamu. Game ini akan terasa mudah pada awalnya. Akan tetapi, jangan terlena sebab semakin lama kamu akan mendapat semakin banyak tantangan, mulai dari kewajiban pembayaran pajak hingga ancaman akuisisi dari pemain lain.

    3. Planet Coaster

    Planet CoasterGame Planet Coaster yang mengajak pemain untuk membuat taman hiburan sendiri. (Gamereactor)

     

    Pada game ini, pemain akan diberi tugas untuk membangun taman hiburan yang berisi sejumlah wahana, termasuk roller coaster. Kamu akan dituntut untuk mengatur serta menyesuaikan atraksi dan wahana yang berpotensi menarik pengunjung. Oleh sebab itu, kamu tidak bisa memilih atraksi secara asal kalau tidak ingin pengunjung melarikan diri dari taman bermainmu. Dalam game ini, pemain akan merasakan sensasi memperoleh keuntungan dari penjualan tiket masuk serta suvenir dan makanan.

    4. AdVenture Capitalist

    AdVenture CapitalistGame AdVenture Capitalist yang mengizinkan pemain merasakan sensasi hidup bergelimang harta. (DFGames.net)

     

    AdVenture Capitalist merupakan game yang akan membuat mimpimu seolah-olah menjadi kenyataan. Dalam game ini, pemain akan diizinkan untuk merasakan hidup dengan segudang harta. Akan tetapi, kamu akan diminta untuk mengatur ritme permainan agar bisa memutar hartamu dan memperoleh keuntungan lebih besar. Kamu bisa mengeluarkan jutaan bahkan triliunan dolar, dengan catatan pengeluaran tersebut ditujukan untuk membeli usaha baru dan melipatgandakan keuntungan. Terdapat berbagai jenis usaha yang dapat dibeli pemain dalam game ini, seperti toko sepatu hingga bank.

    5. Shop Titans

    Shop TitansGame shop titans yang memberi kesempatan bagi pemain untuk menjadi shopkeeper. (Steam) (

     

    Shop Titans merupakan permainan yang memungkinkan kamu untuk menjadi pedagang dalam sebuah kota. Kalau umumnya, tokoh dalam game adalah kesatria yang membeli item dan senjata dari shopkeeper, kini kamu bisa mencoba rasanya menjadi seorang shopkeeper. Seiring dengan berjalannya pemainan, kamu akan memiliki kesempatan untuk memperbesar skala bisnismu. Kamu bahkan dapat memesan barang dagangan dari produsen di kota-kota lain serta berburu item terkenal untuk kemudian dijual.

    Game mana yang bakal menjadi favoritmu, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT