Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 25 2022

    Ini Alasan Mobil Presiden Kebanyakan Berwarna Hitam!

    Kawula Muda, tapi enggak semua mobil presiden berwarna hitam ya!

    Mobil Presiden RI Joko Widodo. (INSTAGRAM/JOKOWI)


    Kawula Muda, suka lihat enggak sih kalau mobil dinas kepresidenan selalu berwarna hitam, bukan putih ataupun warna lainnya. Enggak cuma di Indonesia saja, hampir seluruh negara mobil dinas seorang presiden pasti berwarna hitam.

    Padahal, pabrikan mobil yang dipakai sebagai kendaraan dinas kepresidenan juga membuat mobil dengan berbagai warna, enggak cuma hitam. Tapi kenapa ya mobil dinas presiden selalu berwarna hitam?

    Ternyata, pemilihan warna hitam untuk mobil kepresidenan bukan asal, lho. Ada alasan-alasan khusus, seperti yang dirangkum di bawah ini!

    Warna cat lebih cepat kering

    Dulu, mobil kepresidenan memang lebih banyak berwarna hitam. Ini karena ketersediaan warna cat mobil.

    Mobil yang diproduksi pada 1886 sampai 1920-an lebih banyak dicat hitam. Mengutip dari detikoto, cat hitam jenis enamel adalah satu-satunya cat yang cepat kering pada saat itu. Jadi, pada saat itu tentu saja kendaraan presiden berwarna hitam.

    Baru pada 1924, DuPont Chemical Company membuat terobosan dengan menciptakan rangkaian warna cat selain hitam. Tapi, kendaraan dinas presiden tetap dicat hitam.

    Alasan psikologis

    Dari sisi psikologis warna hitam dinilai bisa menggambarkan kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas.

    Warna-warna gelap cenderung menunjukkan otoritas. Karena representasi makna itu sesuai dengan sosok seorang pemimpin negara, makanya kebanyakan mobil presiden warnanya hitam.

    Pembeda dengan kendaraan pemerintah lainnya

    Di Amerika, selain mobil kepresidenan, hampir semua kendaraan pengawal presiden menggunakan warna hitam. Penggunaan warna hitam di mobil presiden bisa menjadi pembeda dengan kendaraan pemerintah lainnya seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan lainnya.

    Seperti di Indonesia, setiap satuan militer darat, laut, udara, dan kepolisian memiliki warna kendaraan dinas masing-masing.

    Tapi, enggak semua presiden di dunia memakai mobil dinas berwarna hitam. Presiden Amerika Serikat ke-34 Dwight D. Eisenhower, pernah mengendarai Cadillac Eldorado putih pada 1953 saat menjalani parade pelantikan.

    Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdyukhamedow, justru enggak suka pakai mobil hitam. Ia lebih suka memakai mobil berwarna putih, yang dianggap bisa membawa peruntungan untuk negara tersebut.

    Pada 2015, ia sempat mengeluarkan aturan untuk memberhentikan impor mobil hitam. Bahkan pada 2018, ia melarang seluruh mobil berwarna hitam melintas.

    Jadi, itu tadi alasan kenapa mobil dinas presiden kebanyakan berwarna hitam, ya, Kawula Muda!


    Editor Team

    COMMENT