Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 23 2022

    Ini Perbedaan AHA, BHA, dan PHA dalam Skincare yang Perlu Diketahui!

    Buat lo yang suka skincare-an, nih.

    Ilustrasi serum AHA, BHA, dan PHA (UNSPLASH)

    Hadirnya beragam skincare membuat siapa pun memburunya demi merawat kesehatan kulit wajah. Apalagi kandungan skincare seperti AHA, BHA, dan PHA yang bisa membuat kulit lebih baik.

    Eits, Kawula Muda tapi tahu enggak, AHA, BHA, dan PHA ini punya manfaat yang berbeda-beda, loh.

    Ketiga bahan aktif ini memiliki cara kerja yang berbeda. Melansir dari Hello Sehat, Jumat (14/10/2022), dalam dunia medis dermatologi, AHA mengandung banyak senyawa asam yang larut dalam air, dibandingkan dengan BHA.

    BHA disamakan dengan asam salisilat yang hanya mengandung satu senyawa saja. Sedangkan untuk PHA, senyawa turunan dari AHA yang tergolong asam Gluconolactone, galactose, dan lactobionic acid.

    Biar lebih paham, kita simak yuk penjelasan lengkap dan manfaat AHA, BHA, serta PHA dalam produk skincare:

    AHA

    Dilansir dari laman SehatQ, AHA diadakan dalam skincare serum wajah, toner, hingga krim. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine, asam laktat dan asam glikolat cenderung menimbulkan risiko paling kecil dalam menimbulkan iritasi kulit.

    Selain itu, fungsi AHA mendorong proses pengelupasan sel kulit mati tersebut sehingga memungkinkan kulit mati terkelupas dengan lembut. Nantinya, lapisan kulit baru di bawahnya akan tampak lebih segar dan sehat disertai warna dan tekstur yang lebih merata.

    Dengan begitu, kulit pun akan tampak lebih cerah dan bersinar. Apalagi adanya jenis asam golongan AHA yang membentuk kulit terlihat lebih cerah dari asam sitrat.

    AHA yang memfokuskan untuk anti penuaan, mengurangi garis-garis kerutan di permukaan kulit juga jadi salah satu manfaatnya.

    Nah, tujuan pertumbuhan kulit baru itu untuk meningkatkan jumlah kolagen agar kulit lebih kenyal dan elastis. Makanya, produk AHA banyak digunakan dalam krim anti-aging.

    Efek samping

    Berdasarkan Hello Sehat, penggunaan kandungan AHA bisa mengiritasi kulit jika tidak diaplikasikan dengan tepat. Untuk itu, lo benar-benar harus tahu agar menggunakannya dengan membaca petunjuk pemakaian terlebih dahulu.

    Biasanya, efek samping yang dirasakan adalah kulit terasa gatal dan merasakan sensasi panas seperti terbakar, serta sensitif terhadap sinar matahari.

    Buat lo yang baru pertama kali menggunakan produk skincare dengan kandungan AHA, pilihlah produk dengan konsentrasi yang rendah dan jangan pernah lupakan penggunaan tabir surya setelahnya, untuk menghindari risiko foto sensitivitas.

    BHA

    Kalau BHA, mampu mengangkat sel kulit mati yang berada di lapisan kulit yang bisa mengangkat proses regenerasi kulit baru. Menurut laman Beauty Haul, kandungan BHA di dalam skincare bisa menyerap skincare lebih baik di dalam kulit dan mampu mengangkat kulit mati dan mengurangi sebum di kulit. Maka dari itu, produk dengan kandungan BHA banyak ditemukan dalam produk skincare untuk mengatasi kulit berjawat dan berminyak.

    Efek samping

    Penggunaan BHA biasanya ditemukan beberapa efek samping seperti rasa panas, perih di wajah, luka lecet, atau bisa luka bakar pada kulit wajah. 

    Biasanya juga terjadi purging yaitu pembentukan jerawat terlebih dahulu sebelumnya perbaikan karena pembukaan pori-pori. Setelah itu, baru mulai proses perbaikan kulit wajah.

    PHA

    Ilustrasi serumIlustrasi serum AHA, BHA, dan PHA (UNSPLASH)

    PHA membantu proses eksfoliasi lapisan kulit terluar tanpa membuat kulit menjadi kering, makanya PHA cocok untuk kulit yang sensitif terhadap AHA dan BHA.

    Dilansir dari CNN Indonesia, asam PHA bisa digunakan dengan kondisi kulit kering dan gatal seperti eksim dan rosacea atopik. PHA bisa menjauhi perawatan kulit berbasis asam dan membantu mengurangi sensitivitas dan melembapkan kulit.

    Enggak itu saja, sama seperti AHA, PHA dapat membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan regenerasi sel kulit yang bisa mengurangi munculnya garis-garis dan kerutan.

    Efek samping

    Dilansir dari laman Alodokter, PHA lebih sedikit menyebabkan iritasi sehingga aman digunakan pada orang yang memiliki tipe kulit sensitif.

    Tips aman menggunakan AHA, BHA, dan PHA

    Prambors mau kasih tips biar lo enggak salah pilih produk kandungan skincare:

    1. Kenali mana bahan yang lebih aktif dengan membaca kandungan produk

    2. Kenali jenis kulit lo

    3. Kenali fungsi berbagai produk

    4. Perhatikan pemakaian produk secara bersamaan

    5. Pertimbangkan produk lain

    6. Gunakan secara bertahap

    7. Gunakan di kulit yang bersih

    8. Jangan lupa selalu pakai sunscreen

    9. Gunakan toner terlebih dahulu saat mengaplikasikan produk skincare

    10. Jangan campur dengan retinol

    Semoga bermanfaat, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT