Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 01 2022

    Ini Sejarah Hari Lahir Pancasila

    Selamat Hari Lahir Pancasila, Kawula Muda!

    Hari Lahir Pancasila (OFFICE HOLIDAYS)

    Hari ini, masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Sejak 2016 lalu, Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan Libur Nasional.

    Penetapan ini dibuat agar pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

    Kawula Muda tahu enggak sih sejarah dari Hari Lahir Pancasila? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

    SOEKARNOSoekarno (LIPUTAN6)

     

    Hari Lahir Pancasila bermula saat era Soekarno yang masih menjadi Presiden Indonesia. Ia membacakan pidato dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945 di Gedung Chuo Sangi In.

    Ada tiga tokoh utama pergerakan nasional Indonesia, yang membacakan pidato tentang dasar negara RI dalam sidang BPUPKI. Ketiganya adalah Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

    Pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai Pancasila. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

    Setelah tiga tokoh pergerakan nasional menyampaikan ide dan gagasannya, terpilihlah pidato Soekarno, yaitu Pancasila, sebagai dasar negara.

    Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar (UUD), yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka dibentuk Panitia Sembilan.

    Setelah melalui beberapa proses persidangan, UUD 1945 akhirnya dapat disahkan dalam sidang PPKI pada 18 Agustus 1945.

    Editor Team

    COMMENT