Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 15 2022

    Jadi Alasan Putusnya Kim Kardashian dan Pete Davidson, Ini Risiko yang Sering Dihadapi Pasangan LDR

    Kawula Muda, siapa yang lagi jalanin hubungan LDR, nih?

    Ilustrasi pacaran (Freepik)


    Long Distance Relationship atau LDR kabarnya menjadi salah satu alasan putusnya hubungan asmara antara Kim Kardashian dan Pete Davidson yang sudah terjalin selama 9 bulan.

    Menjalani hubungan LDR adalah salah satu yang memiliki risiko tinggi. Karena setiap pasangan harus siap secara mental akibat terpisahkan oleh jarak dan waktu. Hubungan ini biasanya dialami oleh pasangan yang salah satunya harus pindah untuk belajar, bekerja, atau dinas militer.

    Apa saja risiko yang akan sering dihadapi oleh pasangan LDR? Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa risiko yang akan dihadapi oleh pasangan LDR.

    1. Cemburu

    Karena tidak sering menghabiskan waktu bersama, rasa cemburu seringkali muncul dari pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Penelitian menunjukkan bahwa perasaan senang, cemburu, cinta, dan marah cenderung lebih ekstrim dialami oleh pasangan LDR.

    Padahal, kepercayaan merupakan salah satu kunci utama agar hubungan LDR bisa berjalan lancar. Menurut studi rilisan Northwestern University menyebutkan bahwa rasa percaya merupakan fondasi hubungan yang sehat. Saat rasa percaya ke pasangan hilang, maka ini menjadi pertandan hubungan LDR sudah memburuk. Curiga dan cemburu terus menerus dapat membawa bencana pada hubungan LDR.

    2. Merasa insecure

    Menurut APA Dictionary of Psychology, insecure merupakan rasa kurang percaya diri dan tidak mampu. Perasaan ini sering muncul akibat kecemasan karena jauh dari pasangan. Sejumlah pasangan mungkin akan merasa bahwa kekasihnya akan bertemu dengan orang yang lebih baik.

    3. Perubahan dalam hubungan 

    Terpisah jarak dan waktu membuat sebuah hubungan lama kelamaan akan berubah. Sejumlah kebiasaan yang biasa dilakukan sebelumnya tapi tiba-tiba jarang bahkan tidak pernah dilakukan lagi, membuat suasana hubungan menjadi berubah. Perubahan tersebut tak jarang membuat pasangan berpikir kekasihnya telah berubah.

    Padahal, perubahan itu bisa jadi karena adanya perbedaan waktu yang cukup jauh, sehingga tidak mungkin melakukan hal tersebut. Harus adanya saling pengertian agar hubungan LDR dapat berhasil.

    4. Hilangnya keintiman secara fisik

    Ilustrasi pacaranIlustrasi pacaran (Freepik)

     

    Ini menjadi salah satu risiko yang harus dihadapi oleh pasangan LDR. Karena menjalani hubungan jarak jauh, maka keintiman secara fisik akan jarang dilakukan dan lama kelamaan bakal menggerus rasa cinta. Makanya, sering banget pasangan LDR akhirnya melakukan perselingkuhan.

    5. Masalah komunikasi

    Risiko terbesar yang sering juga dihadapi oleh pasangan LDR adalah masalah dalam komunikasi. Beberapa orang mungkin akan takut mengomunikasikan hal-hal tertentu karena takut menimbulkan kesalahpahaman. Ketika komunikasi tiba-tiba berhenti, maka bisa jadi ini pertandaa hubungan LDR tengah di ujung tanduk.

    Bila terjadi pertengaran, cobalah untuk menyelesaikannya walaupun dilakukan secara virtual. Jangan pernah mendiamkan pasangan. Lebih baik untuk jujur dan mengungkapkan seluruh perasaan.

    Tapi, bukan berarti hubungan jarak jauh alias LDR itu enggak bisa berhasil ya, Kawula Muda. Butuh kegigihan, kesetiaan, komitmen, dan rasa percaya yang tinggi untuk sukses menjalani hubungan LDR.

    Editor Team

    COMMENT