Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 28 2021

    Jangan Khawatir! Dokter Faheem Younus Sebut Covid-19 Hanya Bertahan 10 Hari

    Kawula Muda, jangan khawatir secara berlebihan, ya!

    dr Faheem Younus, MD. (TWITTER/FAHEEMYOUNUS)

    Kawula Muda, tentunya seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 akibat varian Delta di Indonesia membuat banyak orang penasaran berapa lama pasien Covid-19 bisa dinyatakan pulih.

    "Ini bukan flu. Ini (Covid-19) tidak akan membaik 100 persen dalam waktu 1 atau 2 minggu. Yang terjadi adalah, jika kamu mengalami kasus Covid-19 yang buruk, kamu akan mencapai poin pemulihan ini (80 persen) dalam seminggu pertama," kata dr Faheem Younus dalam diskusi daring Humanity First Indonesia pada Sabtu (17/7/2021) seperti yang dilansir detikhealth.

    dr Faheem merupakan seorang pakar penyakit menular dari Amerika Serikat, yang terkenal sering memberikan informasi terkait Covid-19 menggunakan bahasa Indonesia di akun Twitternya.

    Ia kemudian menambahkan bahwa sisa pemulihan sebanyak 20 persen lainnya tentu akan membutuhkan waktu yang lebih. Jika dalam 2 minggu kondisi pasien 80 persen membaik, sisa 20 persennya bisa memakan waktu 6 hingga 8 minggu.

    Selain itu, dr Faheem juga mengatakan bahwa jika kondisi seorang pasien tak lagi memburuk, itu menandakan bahwa pasien sedang melalui proses pemulihan.

    Pasien Covid-19 pun diperbolehkan untuk melakukan pengobatan untuk orang demam, seperti ibuprofen, nasal spray, uap air hangat, atau air garam.

    Mengingat virus ini tinggal dalam tubuh pasien selama 10 hari, dr Faheem menganjurkan pasien untuk melakukan pola hidup sehat.

    "Perbanyak tidur, makan bergizi, pastikan kamu melindungi keluarga dan isolasi diri kamu selama mungkin," tambahnya.

    dr Faheem kembali mengingatkan bahwa seharusnya kondisi pasien Covid-19 baik-baik saja setelah 10 hari. Namun, jika tidak merasa 100 persen membaik dalam dua minggu, kamu pun tak perlu khawatir karena itu merupakan hal yang normal.

    "Beri waktu saja," tutup dr Faheem.

    Semoga kamu yang sedang positif Covid-19 bisa segera diberi kesembuhan, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT