Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 10 2022

    Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Eskpansi Bisnis Kamu!

    Kawula Muda, udah siap ekspansi bisnis lo, belom?

    Ilustrasi bisnis (UNSPLASH/Carlos Muza)

    Kawula Muda, bisnis lo gitu-gitu aja? Pernah gak sih mencoba ekspansi bisnis, tapi ternyata hasilnya gak sesuai yang lo harapkan? Hmmm… bisa jadi, lo ngelakuin beberapa kesalahan yang berikut ini, nih!


    1. Tidak adanya sistem praktis

    Salah satu kesalahan yang sering ditemukan adalah tidak adanya sistem praktis yang mengatur bisnis secara keseluruhan. Untuk mengukur apakah sistem tersebut sudah terbentuk atau belum, coba lihat apakah bisnis dapat tetap berjalan lancar apabila tidak ada kamu sebagai pemilik bisnisnya? Kalau bisnis tersebut langsung lumpuh karena ketidakhadiran sang pemilik bisnis, tandanya bisnis tersebut belum siap untuk melakukan ekspansi.

    Ilustrasi SuperTEAMIlustrasi SuperTEAM (UNSPLASH/Brook Cagle)

     

     
    2. Belum adanya SuperTeam

    Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, salah satu aspek penting yang sering dilupakan adalah adanya SuperTEAM. Padahal, apabila bisnis memiliki karyawan yang kompak dan berkualitas, tentu memberikan poin yang baik bagi keberlangsungan bisnis tersebut. Sayangnya, masih banyak bisnis yang belum berhasil mewujudkan hal tersebut. Penyebabnya pun macam-macam, mula dari sistem perekrutan yang tidak tepat hingga karyawan yang memiliki performa di bawah harapan.


    3. “Diskon Besar-Besaran” jadi satu-satunya strategi bisnis!

    Perang harga dengan memberikan diskon maupun promo besar-besaran sebenarnya lumrah saja di dunia bisnis. Namun, jangan sampai terjebak menggunakan strategi ini terus-menerus ya, Kawula Muda! Bisa-bisa perusahaan akan merugi karena terus-menerus menggunakan strategi ini.

    4. Tidak masuk ke dunia digital

    Akan sayang sekali apabila bisnis lo tidak memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan dunia digital. Masuk ke dunia digital tidak hanya berarti iklan besar-besaran di berbagaI sosial media populer ya! Lo bisa mulai dengan membuat akun media sosial untuk bisnis lo (misalnya Instagram) hingga membuat website yang kredibel.


    Ilustrasi bisnisIlustrasi bisnis (UNSPLASH/Adeolu Eletu)

     

    5. Sistem keuangan yang berantakan

    Memiliki omzet yang besar tentu merupakan tujuan utama setiap pembisnis. Sayangnya, sering kali sistem keuangan bisnis tersebut tidak rapi sehingga sulit untuk mengetahui besaran omzet perusahaan yang sebenarnya. Nah, karena itu, pastikan kamu sudah memiliki laporan keuangan yang rapi semenjak awal, ya Kawula Muda!

    Bagi Kawula Muda yang masih bingung gimana sih cara paling efektif untuk mengekspansi bisnis, yuk belajar langsung bersama Coach Yohanes G. Pauly di Business Workshop Online yang didukung oleh Prambors.

    Untuk info lengkapnya klik https://gratyo.com/seminar-bisnis/ 

    Editor Team

    COMMENT