Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 28 2022

    Kebijakan-Kebijakan Aneh di Korea Utara, Termasuk Dilarang Tertawa!

    Hai Kawula Muda, Korea Utara memang beda ya.

    Bendera Korea Utara (UNPLASH)

    Negeri yang satu ini memang penuh keunikan dan beda dari negeri lainnya. Termasuk soal aturan-aturan yang terdapat di Korea Utara yang kontroversial dan nyeleneh.

    Baru-baru ini ramai diberitakan sebuah aturan di Korut yang melarang warganya menunjukkan ekspresi kebahagiaan, termasuk tertawa, selama 11 hari.

    Ternyata aturan tersebut diberlakukan untuk mengenang 10 tahun kematian Kim Jong Il, mantan pemimpin Korut sekaligus ayah dari pemimpin Korut saat ini, Kim Jong Un.

    Tepat pada peringatan kematian Kim Jong Il pada 17 Desember lalu, warga Korut bahkan dilarang berbelanja bahan makanan. Kegiatan orang-orang juga dibatasi, termasuk mengonsumsi minuman keras dan tidak boleh menangis dengan volume keras saat ada keluarga yang meninggal.

    Selain larangan mengekspresikan kebahagiaan termasuk tertawa, ada juga larangan lainnya yang tidak kalah nyeleneh di Korea Utara.

    KOREA UTARAKim Jong Un berpose dengan latar belakang pemandangan di Korea Utara. (INSTAGRAM/KIM JONG UN)

     

    Aturan gaya rambut

    Di Korut ada ketentuan khusus dalam memilih gaya rambut. Sejak 2013 pemimpin Korut menyediakan pilihan gaya rambut bagi penduduknya.

    Ada 18 pilihan untuk wanita dan 10 pilihan untuk pria.

    No drakor!

    Dikenal anti segala hal berbau Korea Selatan, membuat demam drakor mustahil terjadi di negara ini.

    Saat Squid Game lagi ngehits-ngehitsnya, Korea Utara justru memberikan sanksi berat kepada pihak-pihak yang mendistribusikan atau menonton acara tersebut.

    Seorang pria yang menyelundupkan dan menjual drama distopia itu telah dijatuhi hukuman mati oleh regu tembak.

    Tak hanya itu, seorang siswa sekolah menengah yang membeil drive USB berisi drama Squid Game juga dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

    KOREA UTARAAnak-anak tengah berkumpul di depan tembok mural di Pyongyang, Korea Utara. (UNSPLASH)

      

    Tiap rumah wajib pasang foto pemimpin

    Setiap rumah di Korut harus memajang lukisan pemimpin pendahulu yakni Kim Il Sung dan Kim Jong Il yang merupakan kakek dan ayah dari Kim Jong Un.

    Jika terjadi kebakaran di rumah, penduduk setempat wajib menyelamatkan foto-foto itu lebih dulu. Bahkan kabarnya juga harus diprioritaskan di atas keluarga sendiri.

    Sadisnya, awal tahun lalu ada laporan seorang ibu dipenjara karena lebih menyelamatkan anak-anaknya ketimbang potret sang pemimpin.

    Editor Team

    COMMENT