Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 14 2021

    Keren! Warung Tegal alias Warteg Ternyata Ada di Jepang

    Wah, kira-kira Kawula Muda yang ada di Jepang sudah nyobain warteg ini belom?

    Warteg Indonesia di Jepang (youtube.com/kbritokyo)

    Warung Tegal atau warteg yang sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia ternyata juga ada di Jepang. Di pusat kota Tokyo, tepatnya Shinjuku. 

    Warteg itu bernama Warung Tegal Monggo Moro yang sudah ada sejak 2019. Tidak hanya menawarkan hidangan Indonesia, suasana sampai cara pesannya pun identik sama seperti warteg lokal biasa. 

    Warteg Monggo Moro ini dikelola oleh Retno diaspora Indonesia bersama suaminya yang asli Jepang. Lokasi dari warteg ini tidak jauh dari KBRI Tokyo dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit.

    Warteg ini sempat menarik perhatian para warganet karena muncul di kanal YouTube resmi milik Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo yang dikemas sebagai VLOG berjudul “Subarashii Indonesia” pada Minggu (11/07/2021).


    Dalam episode perdana di vlog itu, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, bersama istri, Nuning Akhmadi, dan mantan Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, bersama-sama mencicipi makanan di warteg tersebut. 

    Dilansir dari Suara.com, Dubes Heri mengatakan tujuan dari vlog itu adalah untuk mempromosikan karya-karya dan cerita kesuksesan Indonesia di Jepang.

    “Kami membuat vlog, Subarashii Indonesia ini untuk lebih mempromosikan beragam karya dan cerita kesuksesan Indonesia di Jepang. Untuk episode perdana, saya sengaja mengajak Dubes Ishii yang memang terkenal suka sekali dengan masakan Indonesia,” ujar Dubes Heri. 

    Vlog Subarashii Indonesia itu mengungkapkan banyak fakta menarik, di antaranya ternyata Indonesia berhasil mengekspor berbagai produk makanan dan bahan baku Indonesia ke Jepang. Dari buah-buahan, kerupuk, sampai jajanan pasar pun dieskpor dari Indonesia. 

    “Ada banyak bahan masakan Indonesia yang sudah ada di Jepang. Seperti teri, petai, dan tidak lupa yang juga ada serta paling digemari oleh orang Indonesia di Jepang, yaitu jengkol. Sekarang sudah bisa dibeli dan dipesan di sini,” jelas Nuning Akhmadi. 

    Editor Team

    COMMENT