Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 26 2020

    Konser Musik Bikin Gajah Bahagia

    Hai Kawula Muda, ternyata musik bisa bikin gajah jadi bahagia lho.

    Gajah-gajah yang ada di Kebun Binatang Melbourne. (INSTAGRAM/ZOOS VICTORIA)

    Pada akhir November 2019, Kebun Binatang Melbourne menyelenggarakan sebuah konser musik unik, yang sengaja digelar untuk menghibur para gajah Asia yang terancam punah di sana.

    Tak hanya untuk menghibur, konser musik ini juga dilakukan untuk meningkatkan kedekatan kawanan gajah di sana yang terdiri dari enam anggota.

    Pihak kebun binatang mengatakan bahwa mereka tak hanya memenuhi kebutuhan fisik para gajah dengan menyediakan makanan. Mereka juga berencana memenuhi kebutuhan psikologi dan mulai memperhatikan stimulasi intelektual para gajah.

    Kawanan gajah di alam liar bisa bertemu dengan banyak hal baru, mulai dari berbagai jenis makanan hingga hewan spesies lain.

    Namun, kehidupan di lingkungan kebun binatang sangat statis dan itu-itu saja,  sehingga pihak kebun binatang harus melakukan sesuatu yang berbeda agar para gajah tidak stres dan bosan.

    Ide konser untuk gajah 


    GAJAH DI MELBOURNE ZOOMek Kapah, salah satu gajah yang ada di Kebun Binatang Melbourne. (INSTAGRAM/ZOOS VICTORIA)

     

    Ide konser untuk gajah muncul ketika suatu hari ada sekelompok musisi yang berpartisipasi di salah satu acara hiburan di Kebun Binatang Melbourne. Respons gajah yang antusias membuat pihak kebun binatang pun berpikir untuk melakukan “terapi musik” khusus buat mereka.

    Jika biasanya stimulus diberikan lewat percakapan antara petugas kebun binatang dan gajah, kali ini petugas kebun binatang lebih memilih memainkan berbagai jenis musik sambil mengamati reaksi gajah.

    Pihak kebun binatang mengatakan, sampel musiknya belum cukup banyak untuk mengidentifikasi genre mana yang menjadi favorit para gajah. Namun, sejauh ini respons terkuat gajah muncul pada musik perkusi.

    Musik membuat gajah lebih bahagia

    Saat mendengarkan musik, keenam gajah di Kebun Binatang Melbourne terlihat bahagia dan menikmati. Para gajah saling menyentuh dengan belalai mereka, mengepakkan telinga, dan meminta gajah tua mengelilingi yang lebih muda.

    Man Jai, gajah termuda dan satu-satunya jantan yang ada di sana punya kebiasaan memisahkan diri dari kawanan. Namun, saat mendengarkan musik, ia terlihat antusias bahkan berusaha  mendekati pagar untuk lebih dekat dengan sumber asal suara musik.

    Saat konser berlangsung, pengunjung kebun binatang juga dipersilakan menonton penampilan musik tersebut. Namun, pihak kebun binatang menekankan, program ini sebenarnya dibuat untuk para gajah sehingga “kesenangan” manusia hanyalah bonus.




    Editor Team

    COMMENT