Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 11 2021

    Konsumsi 1 Porsi Burger Bisa Perpendek Umur 36 Menit!

    Kesehatan jadi hal yang paling berharga saat kita sakit, jaga kesehatan ya, Kawula Muda!

    (1 porsi burger /freepik.com @KamranAydinov)

    Tak dapat dipungkiri bahwa makanan yang baik memiliki imbas bagi kesehatan tubuh kita. Hasil penelitian dari Universitas Michigan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang sehat dapat memperpanjang usia hidup. Sebaliknya, jika mengonsumsi makanan tidak sehat bisa memperpendek usia hidup manusia.

    Bila kita mengonsumsi 1 porsi burger, hotdog, dan daging sapi ternyata bisa memangkas usia selama 36 menit. Namun, bila kita makan 1 porsi kacang ternyata bisa memperpanjang usia hidup selama 26 menit. Daging olahan seperti burger mengandung natrium, asam lemak trans, dan serat tak jenuh yang memperpendek usia sehat tubuh.

    Hasil riset dari peneliti Universitas Michigan itu diterbitkan dalam jurnal Nature Food terhadap 5800 makanan yang dikonsumsi dan mengurutkannya berdasarkan manfaat bagi kesehatan, serta dampaknya terhadap lingkungan.

    Hasil dari penelitian sebagian besar mengungkap fakta bahwa makanan olahan dan minuman manis berdampak negatif bagi kesehatan dan memiliki efek kurang baik bagi lingkungan akibat jejak karbon yang dihasilkan dari pemrosesan makanan.

    Kabar baiknya, buah-buahan, sayuran, dan seafood memang terbukti sebagai makanan sehat yang bisa mempanjang usia hidup serta memiliki dampak lingkungan baik.

    Hasil penelitian tersebut memberi dua kesimpulan penting yakni kita harus bisa mengurangi konsumsi makanan olahan yang berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan, serta memperbanyak konsumsi makanan yang bermanfaat secara nutrisi bagi tubuh dan memiliki dampak rendah bagi lingkungan.

    Editor Team

    COMMENT