Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 02 2023

    Lagi Cari Kerja? Simak Daftar Pekerjaan yang Paling Dicari di 2023!

    Kawula Muda, simak tren pekerjaan tahun 2023 di bawah ini!

    Ilustrasi work from home atau WFH (UNSPLASH)

    Sudah memasuki tahun 2023, Kawula Muda. Membuka tahun yang baru, apa yang menjadi harapan Kawula Muda? Apakah mempersiapkan diri untuk bekerja? Atau justru akan memulai pekerjaan baru?

    Jika iya, pertama-tama lo harus tahu dulu, kira-kira apa pekerjaan yang diincar di tahun 2023? Melihat tren pekerjaan setelah pandemi Covid-19 melanda, kebanyakan posisi pekerjaan berubah menjadi serba digital.

    Ilustrasi pekerjaanIlustrasi pekerjaan (UNPLASH)

    Kira-kira apa saja, ya tren pekerjaan yang banyak dibutuhkan di tahun 2023?

    1. Data Scientist

    Menurut Business Insider, pekerjaan data scientist akan terus relevan hingga tahun 2030. Hal ini karena banyak perusahaan di berbagai bidang telah memakai data untuk perkembangan bisnis.

    Secara umum, pekerjaan ini membutuhkan keterampilan untuk analisis dan pemodelan data, matematika dan statistik, pengetahuan dasar coding, dan keterampilan visualisasi dan presentasi data.

    2. Machine Learning Engineer

    Perekrutan machine learning engineer atau insinyur pembelajaran mesin tumbuh sebesar 32% dalam kurun waktu 2019-2020, Kawula muda.

    Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menyelidiki pembelajaran mesin sebagai cara untuk melindungi bisnis dari gangguan di masa mendatang, permintaan pekerjaan ini akan terus dibutuhkan di 2023 seperti yang dikutip dari Emeritus.

    Adapun keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah statistik dan probabilitas, pemodelan data, bahasa pemrograman seperti Python, C++, dan algoritma kecerdasan buatan.

    3. Analisis Marketing

    Menjadi salah satu cabang dari data scientist, posisi analisis marketing juga harus dipertimbangkan, nih. Di tahun 2023, pekerjaan ini akan banyak dibutuhkan dengan keterampilan pekerja analisis data tingkat lanjut.

    Tidak hanya itu, kemampuan untuk membuat model atributif, pengetahuan tentang perancangan eksperimen, pelaporan data dalam bentuk dasbor atau laporan, dan keahlian untuk meramalkan tren menggunakan data juga diperlukan banget, loh.

    4. Keamanan Jaringan

    Sejak merebaknya kasus peretasan akhir-akhir ini, rupanya banyak perusahaan yang membutuhkan keamanan jaringan ekstra, loh. Keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah kemampuan untuk mencegah pelanggaran keamanan, memiliki pola pikir etis peretas, keterampilan teknis dan sertifikasi, perspektif untuk memahami gambaran yang lebih besar tentang etika data, dan bidang keamanan siber terbaru.

    5. Human Resources

    Melansir IDX, Untuk membantu perusahaan mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, posisi human resources dinilai penting agar dapat membantu perusahaan mencapai tujuan. Human resources juga dapat membantu meningkatkan kinerja sebuah perusahaan dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

    6. Marketing Digital

    Jenis pekerjaan ini sejatinya sudah ramai dipertimbangkan sejak perkembangan teknologi yang memaksa banyak perusahaan beralih ke platform digital, Kawula Muda. Dengan tren sosial media yang bergerak pesat, setiap platform digital memiliki tren dan cara kerjanya sendiri untuk dapat memasarkan produk atau jasa. 

    Peran digital marketing sangat dibutuhkan untuk memasarkan barang atau jasa melalui platform digital tersebut.

    7. Manajer Keuangan

    Melansir Detik, pekerjaan ini penting membutuhkan ketelitian dan pengetahuan keuangan yang mendalam. Bidang ini juga membutuhkan ketajaman bisnis dalam komunikasi dan presentasi, kecakapan untuk mengolah angka dengan cepat, dan kemampuan untuk melakukan manajemen risiko, loh.

    8. Web Developer

    Website merupakan ‘wajah’ bagi suatu perusahaan. Perusahaan memakai website mereka untuk memperkenalkan profil perusahaan, mempromosikan, dan juga menjual produk atau jasa yang mereka miliki.

    Seorang Web Developer sendiri sangat dibutuhkan agar website perusahaan mudah diakses dan dapat menarik konsumen. Website perusahaan pun perlu di-update secara rutin sesuai tren yang ada agar konsumen senantiasa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

    9. Copywriter

    Dalam era daring seperti ini, peran copywriter selalu dibutuhkan karena setiap pekerjaan memerlukan tulisan sebagai bagian yang tidak terlepas dari keperluan pengembangan produk.

    Copywriter sendiri bertujuan membuat tulisan yang lebih persuasif untuk keperluan marketing perusahaan.

    Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membuat kampanye sebuah brand agar membangun awareness tentang jasa atau barang dalam sebuah perusahaan.

    10. Artificial Intelligence

    Ketika banyak alat artificial intelligence (AI) canggih yang tersedia untuk umum telah meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya pertumbuhan kecerdasan buatan, pasalnya di banyak perusahaan AI masih menjadi perhatian yang mendesak selama bertahun-tahun, loh. 

    Seiring dengan teknologi otomatis, AI menawarkan banyak peluang pertumbuhan bagi perusahaan. Singkatnya, AI akan membuka peluang baru di tempat kerja dan perusahaan harus berinvestasi dalam meningkatkan dan melatih kembali karyawan mereka untuk bekerja dengan teknologi ini.

    Kawula Muda, sudah melatih skill untuk melamar di bidang apa?

    Editor Team

    COMMENT