Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 27 2021

    Langka, 10 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia!

    Kawula Muda, kalau kalian ngambil jurusan apa sih?

    (detikNews)

    Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang perlu banyak pertimbangan. Pemilihannya juga harus memperhatikan beberapa aspek, mulai dari prospek pekerjaan kedepannya, maupun hobi atau ilmu yang diminati.

    Sebelum memilih, kalian juga harus mengenal banyak jurusan kuliah untuk memastikan bahwa pilihan kalian berdasarkan hal yang kalian minati. Nah, untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, Prambors bakal bantu kalian buat mengenali beberapa jurusan kuliah yang jarang didengar dan hanya ada satu di Indonesia!

    Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB)

    Jurusan Astronomi akan mempelajari tentang benda-benda langit dengan menitikberatkan penerapa ilmu Fisika. Jarang ditemukan di Indonesia, ternyata jurusan Astronomi memang hanya ada di satu kampus di Indonesia, yaitu Institu Teknologi Bandung (ITB).

    Sastra Belanda – Universitas Indonesia (UI)

    Sama seperti ilmu sastra lainnya, di jurusan Sastra Belanda mahasiswa juga akan mempelajari sastra, sejarah, linguistik, dan budaya Belanda. Jurusan ini sendiri hanya dapat ditemukan di kampus nomor satu di Indonesia, Universitas Indonesia (UI).

    Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Sebagai negara yang tidak menerapkan nuklir, jurusan ini memang sangat jarang ditemukan di Indonesia dan faktanya jurusan Teknik Nuklir hanya dapat ditemukan di satu kampus, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Ketika mahasiswa mengambil jurusan ini, maka mereka akan mempelajari tentang nuklir yang menitikberatkan kepada penerapan ilmu Fisika dan Matematika.

    Ilmu Keluarga dan Konsumen – Institut Pertanian Bogor (IPB)

    Di jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen, mahasiswa akan mempelajari mengenai peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga. Jurusan ini juga hanya dapat ditemukan di IPB.

    Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – Universitas Airlangga (UNAIR)

    Bagi kalian yang tertarik dengan robotik, maka kalian bisa mengambil jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan di Universitas Airlangga (UNAIR). Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari mengenai kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

    Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

    Di jurusan Atmosfer dan Keplanetan, mahasiswa akan mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di Bumi. Jurusan ini juga hanya disediakan oleh Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

    Teknik Transportasi Laut – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

    Tidak hanya transportasi darat maupun udara yang memiliki jurusan kuliah, ternyata transportasi laut juga memiliki jurusannya sendiri, lho. Ilmu ini dapat kalian pelajari di jurusan Teknik Transportasi Laut di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Di jurusan ini, kalian akan mempelajari mengenai tiga fokus utama yaitu pelayaran, pelabuhan, dan logistic di dunia maritim.

    Rekayasa Nanoteknologi – Universitas Airlangga (UNAIR)

    Di jurusan Rekayasa Nanoteknologi, mahasiswa akan mempelajari dan meneliti materi berukuran nano atau ukuran yang sangat kecil. Jurusan ini pun hanya disediakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR).

    Manajemen Industri Katering – Universtias Pendidikan Indonesia (UPI)

    Tidak banyak tahu, ternyata catering juga mempunyai ilmunya sendiri lho, Kawula Muda. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajarai ilmu mengenai manajemen operasional usaha kuliner khususnya catering. Jurusan ini hanya disediakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

    Teknologi Batik – Universitas Pekalongan (UNIKAL)

    Sebagai salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia, Pekalongan melalui Universitas Pekalongan menyediakan jurusan bagi kalian yang ingin mendalami batik, baik secara filosofi dan teori maupun pembuatan batik. Jurusan ini hanya disediakan oleh Universitas Pekalongan (UNIKAL)

    Editor Team

    COMMENT