Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 20 2020

    Mengapa Kita Harus Minum Air Putih pada Pagi Hari?

    Kawula Muda, coba mulai dibiasakan minum air putih setelah bangun tidur.

    Perempuan minum air putih. (FREEPIK.COM)

    Seperti yang kita semua rasakan, air putih memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

    Tidak hanya berguna sebagai penghilang rasa haus, air putih adalah penopang tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Lebih dari 70 persen, tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, idealnya manusia harus minum sebanyak 2 liter atau 8 hingga 10 gelas setiap harinya.

    Namun, belum banyak yang menyadari bahwa mengonsmsi air putih tepat setelah bangun di pagi hari itu memiliki banyak manfaat yang mutakhir untuk kesehatan tubuh.

    Berikut empat manfaat minum air putih pada pagi hari, setelah bangun tidur.

    1. Memperlancar pencernaan

    Mengonsumsi air putih di pagi hari atau saat isi perut masih belum terisi membuat asam lambung menjadi lebih encer. Dengan begitu kita akan terhindar dari gangguan pencernaan yang terjadi karena tingkat keasaman lambung yang tinggi.

    Selain itu, minum air putih akan membantu melarutkan mineral, glukosa, vitamin, dan zat gizi lainnya sehingga dapat tersalurkan dengan baik ke setiap sel tubuh yang membutuhkan.

    2. Menyuburkan rambut

    AIR PUTIHAir putih. (FREEPIK.COM)

     

    Salah satu penyebab kerontokan pada rambut adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau dapat disebut dengan kondisi dehidrasi. Maka dari itu, rutin minum air putih di pagi hari akan membuat rambutmu lebih sehat dan subur.

    3. Mengurangi gangguan akalasia

    AIR PUTIHAir putih. (FREEPIK.COM)

     

    Akalasia adalah suatu gangguan langka yang membuat proses masuknya makanan dan cairan ke dalam perut menjadi terhambat. Hal tersebut disebabkan adanya kerusakan saraf dalam saluran kerongkongan.

    Bisa jadi, ini juga disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh yang tidak normal. Dengan rutin meminum air putih di pagi hari, maka akan meminimalisisasi timbulnya gangguan akalasia.

    4. Membantu program diet berjalan dengan lancar

    AIR PUTIHAir putih. (FREEPIK.COM)

     

    Normalnya, kita akan merasa lapar setelah bangun tidur dan buang air besar di pagi hari karena keadaan perut yang sudah kosong.

    Minum air sekitar 4 gelas di pagi hari akan membuat kita merasa kenyang karena air putih dapat mengisi lambung. Secara otomatis, hal itu akan mengendalikan nafsu makan dengan baik sehingga tidak akan makan terlalu banyak saat sarapan dan merusak program diet yang sedang dijalani.

    Masih mau melupakan air putih di pagi hari? Banyak ruginya lho! Jadi, jangan sampai lupa untuk mengonsumsi air putih sebelum memulai aktivitas ya!

    Editor Team

    COMMENT