Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 18 2022

    Minum Kopi Bisa Sebabkan Ukuran Payudara Mengecil? Ini Faktanya!

    Kawula Muda, simak berbagai dampak kelebihan kafein bagi para wanita di bawah ini.

    Ilustrasi Seorang Wanita Meminum Kopi (Unsplash)


    Kawula Muda, kebiasaan minum kopi secara berlebihan ternyata memiliki sejumlah dampak buruk. Salah satunya terhadap perempuan, asupan kopi berlebih pada wanita diketahui dapat mengecilkan ukuran payudara.

    Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian Universitas Lund, Swedia yang menyebutkan bahwa asupan kafein secara berlebihan ternyata memengaruhi hormon tubuh yang menyebabkan ukuran payudara akan mengecil, loh.

    kopiIlustrasi Kopi (Unsplash)

     

    Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer ini mengambil sumber dari 300 orang wanita dan kebiasaan mereka minum kopi.

    Faktanya, wanita yang minum tiga cangkir kopi atau lebih per hari memiliki ukuran payudara 17 persen lebih kecil dari wanita yang tidak meminum kopi.

    Para peneliti yang diketuai oleh Helena Jernstrom tersebut mempelajari sebuah gen lain, yaitu CYP1A2*1F. Gen tersebut merupakan gen turunan mengingat kopi dimetabolisme oleh enzim CYP1A2.

    Gen tersebut juga diketahui berperan dalam metabolisme estrogen yang menyebutkan bahwa gen CYP1A2*1F memiliki peran terhadap mengecilnya ukuran payudara karena konsumsi kafein, yaitu melalui kopi.

    Namun, para peneliti mengatakan bahwa para perempuan tidak perlu khawatir, hal ini dikarenakan payudara tak akan langsung mengecil dalam semalam. Dampak ini akan terjadi secara perlahan dan bukan berarti payudara akan menyusut sepenuhnya.

    Di sisi lain, meski kopi dikatakan dapat membuat ukuran payudara mengecil, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa meminum kopi setidaknya tiga cangkir sehari dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 33 persen, loh! 

    Para peneliti juga menemukan bahwa perkembangan kanker payudara juga melambat dengan konsumsi kopi tinggi sedangkan perkembangan kanker payudara pada pasien yang jarang atau tidak mengonsumsi kopi terpantau tidak melambat.

    Hal ini juga berlaku kepada para perempuan di atas umur 50 tahun pasca menopause, Kawula Muda. Para peneliti dari Institut Karolinska, Swedia mengemukakan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi secara lebih per hari mengalami penurunan risiko kanker payudara hingga 57 persen!

    Kawula Muda, meski tidak semua wanita memiliki kondisi hormon yang sama, tetap batasi asupan kafein lo setiap harinya, ya! Cukup minum kopi secara bijak, yaitu 400 mg kafein per hari atau setara dengan 2-4 cangkir kopi. 

    Stay healthy, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT