Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 26 2022

    Minuman Pengganti Kopi Buat yang Suka Begadang!

    Kawula Muda, mau begadang? Coba deh minuman selain kopi ini!

    Ilustrasi kopi. (PIXABAY)


    Kopi sudah menjadi minuman wajib untuk mereka yang butuh terjaga sampai malam. Kandungan kafein pada kopi bisa menstimulasi sistem saraf pusat kita. Namun, sebelum itu, kafein akan terlebih dahulu melewati jaringan epitel, lapisan mulut, tenggorokan, kerongkongan, perut, serta aliran darah.

    Setelah sistem saraf terstimulasi oleh kafein, tekanan darah bakal naik, dan jantung akan berdetak lebih kencang, mood tubuh pun akan membaik, serta lebih berenergi. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa kopi dianggap bisa menghilangkan kantuk.

    Akan tetapi, terlalu banyak minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tak sedikit orang yang tidak bisa menikmati kopi lantaran berbagai alasan, salah satunya adanya gangguan asam lambung.

    Buat Kawula muda yang suka begadang dan ingin minuman penghilang kantuk tetapi juga ramah di lambung, berikut ini ada beberapa alternatif minuman pengganti kopi, dilansir dari The Asian Age.

    1. Teh hijau

    Teh hijau adalah pengganti terbaik untuk kopi. Teh hijau mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi. Selain itu, teh hijau tidak menyebabkan kembung.

    Dr Anthony Kouri, MD, seorang ahli bedah ortopedi di University of Toledo Medical Center menjelaskan teh hijau tidak melalui terlalu banyak proses dan memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak dibandingkan varian teh lainnya. Teh hijau juga mampu meningkatkan ketajaman mental dan metabolisme.

    2. Matcha

    Matcha adalah bubuk hijau yang dihasilkan ketika kita menumbuk daun teh muda. Matcha mengandung kafein dan L-theanin atau asam amino yang memberi efek menenangkan pikiran tanpa memberi efek mengantuk. Selain itu, karena keseluruhan daun teh tanaman matcha digiling untuk menjadi teh, kita bisa mendapatkan serat dalam dosis kecil untuk memulai hari.

    3. Smoothies

    Smoothies merupakan campuran buah-buahan, sayuran, rempah-rempah ringan, dan madu. Kadangkala smoothies juga diperkaya dengan sumber protein seperti yogurt.

    Minuman manis ini kaya akan nutrisi, antioksidan, dan tentu saja bisa menjadikan badan kembali segar, mengusir kantuk, dan sebagai penambah energi yang sempurna.

    "Smoothies memberikan manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak orang lewatkan dari pola makan hariannya," kata ahli gizi teregistrasi dan instruktur ilmu biomedis di Missouri State University, Natalie Allen.

    4. Cuka sari apel

    Cuka sari apel merupakan minuman non-kafein yang dibuat dari fermentasi buah apel dan mengandung komponen yang disebut asam asetat.

    Minuman ini telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin dan kadar gula darah.

    Tapi, hindari untuk mengonsumsi cuka sari apel secara langsung karena dapat merusak email gigi. Cara yang ideal adalah dengan mencampurkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air, atau menambahkannya ke salad.

    5. Golden milk

    Minuman tradisional India yaitu golden milk atau susu kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahan utama golden milk adalah kunyit yang dicampur dengan jahe, kayu manis, kunyit, dan lada hitam sehingga kaya akan antioksidan.

    Minuman non kafein yang satu ini selain tinggi energi, juga membantu kesehatan otak, mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan peluang terkena kanker.

    Buat Kawula Muda yang ingin tetap melek di jam-jam rawan ngantuk, selamat mencoba minuman pengganti kopi ini ya!

    Editor Team

    COMMENT