Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 23 2021

    NASA Sukses Ciptakan Oksigen di Mars!

    Kawula Muda, oksigen ini diciptakan melalui mesin bernama MOXIE.

    Mesin Pohon MOXIE. (NASA)

    NASA kembali menambah daftar mengenai hal-hal yang dapat dilakukan manusia di Mars. Setelah menerbangkan helicopter pertama di Mars, sekarang NASA mampu membuat oksigen di sana.

    Oksigen ini diproduksi oleh NASA dengan menggunakan alat yang disebut MOXIE (Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment). Alat ini mampu menghasilkan lima gram oksigen yang dapat membuat manusia bernapas selama 10 menit. Percobaan ini dilakukan pertama kali pada Kamis, 22 April 2021.

    Saat ini, Mars sendiri masih dinilai tidak ramah bagi manusia karena permukaannya yang berdebu, dengan sekitar 96 persen gas atmosfer di Mars dari karbon dioksida sedangkan oksigen hanya mewakili 0,13 persen di seluruh gas di atmosfer Mars. Kuantitas ini jauh lebih kecil dibandingkan Bumi yang berjumlah 21 persen.

    MOXIE sendiri bekerja seperti pohon, MOXIE membuat karbon dioksida yang berlebih di Mars mampu diubah menjadi oksigen.  Alat ini akan melepaskan atom oksigen dari molekul CO2 yang terdiri dari satu atom karbon dan dua atom oksigen. Produk limbahnya merupakan karbon monoksida, yang dibuang ke atmosfer Mars.

    NASA sendiri sedang menguji MOXIE dengan menggunakan berbagai mode untuk mengetahui seberapa baik kinerjanya. Alat ini diharapkan dapat menghasilkan hingga 10 gram O2 perjam.

    “MOXIE memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan tetapi hasil dari demonstrasi teknologi ini penuh dengan janji saat kami bergerak menuju tujuan kami suatu hari melihat manusia di Mars,” ujar Jim Reuter, administrator asosiasi Direktorat Misi Teknologi Antartika NASA.

    Editor Team

    COMMENT