Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 24 2022

    Negara-Negara dengan Toilet Umum dan Sanitasi Terburuk di Dunia, Indonesia Termasuk?

    Hai Kawula Muda, kapan ya toilet umum Indonesia bisa sekeren Jepang?

    Ilustrasi tanda toilet. (FREEPIK)

    Melakukan survei tentang kebersihan toilet di seluruh dunia, mungkin bukan pekerjaan yang menyenangkan. Tetapi, itulah yang dilakukan oleh Graham Askey, pria asal Inggris, dengan penuh dedikasi.

    Askey bahkan menghabiskan uang hingga 150 ribu poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar untuk mengunjungi 100 negara di seluruh dunia dalam pencarian toilet umum terburuk di dunia.

    Ternyata, di antara semua toilet yang dikunjunginya, gelar toilet umum yang terburuk di dunia jatuh pada toilet umum di Tajkistan hingga dijuluki “lubang neraka”.

    Dilansir dari The Sun, Jum’at (23/9/2022), begitu mengerikannya, bilik toilet itu hanya terbuat dari beberapa potong kayu diselimuti kain yang digunakan oleh penghuninya sebagai tisu toilet!

    Lantas bagaimana dengan toilet di Indonesia? Faktanya, dari survei yang dilakukan Askey, toilet di Indonesia ternyata termasuk dalam kategori yang terburuk di dunia juga. Terutama toilet yang bentuknya seperti panggung di pinggir kali yang biasa kita sebut “jamban”.

    Askey menjelajahi dunia untuk mengunjungi ratusan toilet dan 36 dari "toilet paling jelek" ada di buku barunya, Toilets of the Wild Frontier.

    TOILETIlustrasi tanda toilet. (FREEPIK)

    Askey menyebut, hanya memotret bagian luar toilet umum terburuk yang ia kunjungi untuk menghindari konten yang "membuat orang-orang muntah".

    Tidak hanya survei dari Askey, Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2017 juga menunjukkan, Indonesia berada di urutan ketiga sanitasi terburuk atau tidak layak di dunia setelah India dan Tiongkok.

    Padahal, toilet umum menjadi salah satu faktor utama yang penting dalam pariwisata. Wisatawan mana yang betah ada di tempat wisata yang fasilitas toiletnya jauh dari kata bersih dan memadai.

    Apalagi kita tahu, menahan air kecil dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, pembengkakan kandung kemih.

    Hal yang sama juga berlaku apabila menahan buang air besar, dapat berisiko mengalami inkontinensia tinja.

    Editor Team

    COMMENT