Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 05 2021

    Nike Menangkan Gugatan atas “Satan Shoes” Buatan MSCHF dan Lil Nas X

    Kawula Muda! Tiga hari setelah melayangkan gugatan, hakim memenangkan tuduhan Nike atas "Satan Shoes" akibat dinilai merendahkan merek dagang

    "Satan Hoes" yang dijual seharga US$1.018. (MSCHF)

    Nike berhasil memenangkan gugatas atas Satan Shoes yang diproduksi oleh MSCHF sebagai hasil kolaborasi dengan Lil Nas X. Laporan Reuters menyebutkan bahwa Hakim Distrik Amerika Serikat, Eric Komitee, menyetujui gugatan Nike yang mengklaim bahwa Satan Shoes telah merendahkan merek dagang mereka.

    Hal ini disebut telah dikonfirmasi oleh Lil Nas X melalui akun Twitter-nya. Sayangnya, Satan Shoes seharga US$1.018 tersebut telah habis terjual.


    MSCHF menyatakan akan bekerja sama dengan pengadilan dan Nike untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Namun, pihaknya tetap meyakini adanya kebebasan berekspresi.

    Pengacara MSCHF menyebutkan bahwa Satan Shoes pada dasarnya bukanlah sneakers biasa, melainkan karya seni yang dibuat secara individual. MSCHF juga menilai, keputusan hakim untuk melarang sementara penjualan Satan Shoes tidak berguna karena sepatu tersebut tak lagi diproduksi.

    Sebelumnya, MSCHF bersama Lil Nas X telah menjual 666 pasang sepatu berwarna merah hitam dengan kandungan darah manusia dan tulisan ayat Alkitab Lukas 10:18 pada sisinya. Sepatu ini kemudian mengundang kontroversi dari banyak kalangan, termasuk pemuka agama.

     Pada 28 Maret lalu, Lil Nas X sempat mengeluarkan video pemintaan maaf bernada sarkasme akibat kontroversi Satan Shoes. Namun setelah beberapa detik, tampilan justru berganti menjadi video musik Montero (Call Me By Your Name) milik Lil Nas X. Sejumlah spekulasi kemudian menduga bahwa Satan Shoes dibuat untuk melengkapi video musik Montero.

    Editor Team

    COMMENT