Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 31 2021

    Pemerintah Korea Ajak Masyarakat Indonesia Jalan-jalan Virtual Melalui #AkudanKorea

    Kawula Muda, siapa yang pengen banget liburan ke Korea?

    Orang Korea menggunakan hanbok. (SHUTTERSTOCK)

    Pandemi Covid-19 tidak lain dan tidak bukan telah menghambat setiap orang untuk berlibur dan merasakan udara segar tanpa masker. Terlebih lagi dengan adanya protokol kesehatan yang ketat, liburan ke luar negeri pun sangat dibatasi.

    Itulah mengapa pemerintah Korea melalui Korean Tourism Organization (KTO), tak terkecuali KTO Jakarta, untuk mengadakan acara jalan-jalan virtual ke Korea secara eksklusif untuk wisatawan Indonesia.

    Dalam kampanye #AkudanKorea Imagine Your Korea from Home ini, KTO Jakarta membawa para hadirin untuk menelusuri K-Drama, K-Food, wisata yang Muslim-friendly, dan pasar tradisional. 

    Kimbab Family, sebuah keluarga multikultural Indonesia-Korea juga ikut menceritakan bagaimana pengalaman mereka berjalan-jalan di Korea Selatan di tengah pandemi. Mereka menyebut bahwa seluruh tempat wisata mengharuskan kita untuk mengecek suhu, mengisi formulir, serta menggunakan handsanitizer.

    Tak hanya itu, Mama Gina juga mengatakan bahwa kamu yang ingin berwisata Korea harus mencoba hanbok. Hanbok merupakan pakaian tradisional yang digunakan masyarakat Korea.

    Tak hanya itu, mereka juga sangat senang dengan festival tahunan, Welcome Daehakro. Pasalnya, Daehakro juga disebut sebagai destinasi wisata bak Broadway Amerika.

    Calvin Jeremy selaku Ambasador dan Spokesperson dari KTO, Boy William, Citra Scholastika, dan seorang travel influencer David Dwi Praharsa dari Depepedia juga membagikan suka dan duka saat mereka berlibur ke Korea sebelum pandemi. 

    Calvin bercerita bagaimana dirinya berkunjung ke tempat-tempat yang berhubungan dengan musik, sementara Citra Scholastika bercerita bagaimana dirinya berlibur sekaligus kalap berbelanja. 

    Tak lupa juga Boy William yang lebih menyukai liburan tanpa itinerary dan memilih untuk eksplor Korea sesuka hati, dan David yang membuka open trip dan paham betul berapa budget yang dibutuhkan untuk berlibur di Korea tanpa terlalu hemat dan tak terlalu menghamburkan uang.

    Menurut David, budget yang diperlukan untuk hotel sebesar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta juga sudah lebih dari cukup. Sementara itu, untuk sekali makan kamu perlu merogoh kocek Rp100 ribu, bahkan dengan Rp5,5 juta juga kamu sudah bisa mendapatkan tiket pesawat di atas kelas ekonomi.

    Calvin Jeremy, Citra Scholastika, Boy William, dan David DepepediaCalvin Jeremy, Citra Scholastika, Boy William, dan David Depepedia. (INSTAGRAM/DAVIDDEPE)

     

    Saya pun penasaran dan bertanya kepada mereka, "Apa saja budaya dan nilai yang kalian pelajari di Korea dan bisa diterapkan juga di Indonesia?"

    Culture first, economy next,” kata Calvin. Calvin mengatakan bahwa prinsip itulah, faktanya, yang telah menginisiasi perekonomian Korea. Ia menambahkan bahwa Indonesia juga punya sesuatu yang unik dan autentik, tentunya itu juga bisa mendongkrak ekonomi Indonesia.

    Sementara itu, Citra mengungkapkan “Apapun yang ada di Korea, mereka bangga dan cinta dengan produk mereka, sehingga kita merasa ketularan gitu."

    Dengan masyarakat Korea menggunakan hanbok, tentunya itu menjadi salah satu contoh bagaimana Korea bisa mencintai dan membanggakan negaranya sendiri.

    Perspektif yang berbeda juga didapatkan oleh Boy. Menurutnya, work ethic dan ketepatan waktu orang Korea juga sangat baik. Itulah yang menurut Boy harus diterapkan juga oleh masyarakat Indonesia.

    David juga menjelaskan bahwa melalui drama korea, sudah terlihat bagaimana sopan santun sangat diterapkan oleh orang Korea. Mulai dari cara berbicara mereka dibedakan melalui tingkat usia dan kedekatan, hingga ritual saat minum soju.

    "Culture mereka menarik banget untuk ngajarin sopan santun," katanya.

    Ia menyebut bahwa jika ingin minum soju di depan orang yang lebih tua, orang tersebut harus memutar badannya agar tidak menghadap senior.

    Editor Team

    COMMENT