Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 02 2022

    Pengertian Wajib Militer di Korea, Enggak Ikut Ada Hukumannya!

    Memang wajib banget hukumnya di negara itu.

    Wajib militer di Korea Selatan (UNPLASH)


    Wajib militer atau wamil mungkin sudah enggak asing lagi untuk beberapa orang, apalagi buat lo yang suka sama idol K-pop atau aktor Korea. Wajib militer adalah program dari pemerintah Korea yang harus dilaksanakan oleh warga laki-laki dari umur 18-28 tahun. Mereka boleh menunda hingga usianya 30 tahun.

    Biasanya para fans enggak rela dan sedih kalau idolanya harus meninggalkan dunia hiburan demi kewajiban negara itu. Sebenarnya, apa sih wajib militer dan kenapa harus ada sebutan itu di Korea?

    Kawula Muda, sebenarnya, lelaki Korea menjalani wamil dengan pendidikan militer demi meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan orang itu sendiri, loh.

    Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seseorang dan biasanya diadakan wajib untuk pria.

    Woo Do Hwan menjalani wajib militerWoo Do Hwan dipusat pelatihan wajib militer. (IDOL YEONKUSO)

     

    Sejarah wamil

    Sejarah adanya wamil di Korea itu karena kondisi peperangan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Kedua negara tersebut pernah perang pada 1950-1953 dan hingga kini belum ada kesepakatan untuk bersama.

    Setelah bebas dari penjajahan Jepang di 1945, Korea terbagi jadi dua, yakni Selatan dan Utara pada 1945. Maka dari itu, pemerintah Korea Selatan mewajibkan lelaki di negaranya untuk menjalankan wajib militer agar siap dalam peperangan melawan Utara, yang bisa terjadi kapan saja.

    Waktu jalankan wamil

    Berdasarkan laman Kumparan, ada beberapa instansi yang bisa dimasuki untuk pelatihan wajib militer, di antaranya Angkatan Darat selama 21 bulan, Angkatan Udara selama 24 bulan, dan Angkatan Laut selama 23 bulan.

    Ada sanksi kalau enggak ikut...

    Jika lelaki Korea Selatan enggak ikut wamil, bakal ada sanksi, nih Kawula Muda. Melansir dari Urbanasia, selama lelaki itu masih berusia 20-28, mereka boleh menunda wamilnya. Tapi, lebih dari itu jangan coba-coba menunda lagi. Kalau terus-menerus menghiraukan panggilan wamil, mereka jadi buronan!

    Namun kalau sampai tertangkap, ada hukuman yang diterima. Sebaliknya, jika tertangkap karena orang tersebut menyerahkan diri, maka dia akan dikenakan denda, lalu bebas bersyarat, dan harus mengikuti wamil.

    Ada juga yang tertangkap polisinya bukan karena pilihan sendiri melainkan kurang beruntung, maka orang tersebut akan dipenjara kira-kira 2 tahun. Itu waktu yang sama apabila menjalani wamil.

    Wah, ternyata ketat juga, ya Kawula Muda.

    Editor Team

    COMMENT