Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 03 2020

    PS5 Sudah Kantongi Restu Kominfo agar Rilis di Indonesia

    Kawula Muda, tinggal tunggu tanggal mainnya nih sampai PS5 dijual di Indonesia.

    PlayStation 5. (YOUTUBE/playstation).

    Konsol terbaru dari Sony, yaitu PS5, sudah mengantongi restu dari Kominfo. Hal ini menjadi angin segar bagi para gamer karena kehadirannya sudah ditunggu-tunggu. Izin ini sudah tertulis di situs web Direktoral Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin (2/11/2020).

    Dalam situs resminya itu ada lima perangkat terbaru yang sudah lolos uji dan telah didaftarkan oleh PT Sony Indonesia. Karena sudah lolos uji SDPPI Kominfo, PS5 pun dapat segera dirilis di Indonesia.

    Banyak yang berharap konsol tersebut sudah tersedia pada 12 November 2020 mengikuti jadwal perilisan pasar prioritasnya. Tapi bila tidak, kemungkinan baru tersedia pada 19 November 2020, mengikuti jadwal peluncuran global.

    PS5 akan tersedia dalam dua versi, yaitu standar dan digital. Bentukannya tampak besar dan tinggi, bahkan tergolong “konsol terbesar” di zaman modern. Tingginya hampir mencapai 40 cm serta memiliki lebar 10 cm.

    Dalam konsol terbarunya, Sony menyisipkan motherboard yang terdiri dari RAM 16 Gb GDDR6 yang disusun dalam delapan model mengelilingi SoC-nya yang terdiri dari CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU AMD RDNA.

    Kipas pendingin yang disematkan dalam PS5 kali ini juga tergolong besar dengan diameter 120mm dan tebal 45mm. Bahkan pihak sony menambahkan heatsink sebagai tambahan bantuan untuk sistem pendinginannya. Heatsink ini diklaim memiliki saluran udara yang kinerjanya seperti vapor chamber.

    Desain dari DualSense-nya juga berbeda dibanding konsol PlayStation versi sebelum-sebelumnya. Teknologi yang dipakai bahkan mengalami perubahan, dan yang paling mencolok ialah digantinya teknologi getar yang lama dengan haptic feedback.


    Adaptive Trigger-nya pun mengalami pembaruan dengan tingkat kekerasan yang bisa diatur sesuai game yang dimainkan. Konsol terbaru ini juga tak ada lagi penggunaan microUSB karena sudah diganti dengan USB-C.

    Namun, dalam konsol terbaru ini, yang akan Sony banggakan adalah penggunaan SSD custom berkapasitas 825 Gb yang jauh lebih cepat dari konsol-konsol terdahulu. Hasilnya, loading ketika bermain secara signifikan akan jauh lebih cepat dari PS4.

    Untuk harga, di Amerika Serikat PS5 dijual USD 499 atau sekitar Rp 7,4 juta, sedangkan untuk versi digitalnya dijual dengan harga USD 399 atau sekitar Rp 5,9 juta.

    Editor Team

    COMMENT