Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 10 2021

    Rayakan Hari Pahlawan, Ismail Marzuki jadi Google Doodle Hari Ini

    Kawula Muda, sudah lihat laman utama Google hari ini?

    Ismail Marzuki (Wikipedia)

    Laman utama pencarian Google menampilkan doodle Ismail Marzuki, sosok komponis besar Indonesia untuk rayakan hari pahlawan tahun ini, Rabu (10/11/2021). 

    Komponis ini terkenal dengan beberapa lagu nasional yang ia ciptakan seperti Rayuan Pulau Kelapa, Sepasang Mata Bola, hingga Halo-Halo Bandung. Lagu-lagu tersebut adalah beberapa karya legendaris dari Ismail Marzuki

    Lahir di Kwitang, Jakarta Pusat pada 11 Mei 1914, Ismail sudah mengenal musik sejak dini karena sang ayah merupakan seorang pemain rebana. Bakatnya di bidang musik pun semakin terasah seiring dengan bertambahnya usia lulusan sekolah belanda Hollandsch Inlandsche School tersebut.  


    Tampilan Google Doodle Ismail MarzukiTampilan Google Doodle pada Rabu (10/11/2021) tampilkan Ismail Marzuki.

     

    Setiap harinya, ia tumbuh dengan berlatih lima jam sehari agar mampu menguasai berbagai instrumen, mulai dari harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, saksofon, akordeon, serta piano. 

    Pada 1923, ia bergabung dengan perkumpulan musik Lief Java bersama teman-temannya dan mengembangkan bakatnya di bidang musik. Bahkan, saat berusia 17 tahun, Ismail resmi membuat lagu pertamanya. 

    Pada 25 Mei 1985, Ismail Marzuki wafat pada usia 44 tahun di pangkuan sang istri, Eulis. Ia dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta dengan pahatan lagu ciptaannya, Rayuan Pulau Kelapa, di batu nisannya. 

    Semasa hidupnya, Ismail Marzuki telah menghadirkan lebih dari ratusan karya, baik yang ia aransemen sendiri, maupun yang benar-benar diciptakan olehnya. Lagu-lagu karyanya menjadi kebanggaan dan kekayaan tersendiri bagi Indonesia karena memiliki maestro sehebat Ismail Marzuki. 

    Editor Team

    COMMENT