Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 08 2020

    Samsung Siapkan Smartphone dengan Kamera 600 Megapiksel, Berminat?

    Kawula Muda, Samsung siapkan ponsel dengan kamera selayaknya lensa mata manusia!

    Samsung siapkan smartphone dengan kamera 600 MP. (UNSPLASH)

    Samsung sedang mempersiapkan smartphone dengan sensor kamera 600 megapiksel. Hal ini dibocorkan oleh tipster Ice Universe di Twitter pada Sabtu (5/12/2020).

    Dalam cuitannya, Ice Universe menyertakan gambar yang merupakan slide presentasi atau bagian dari dokumen perusahaan yang menuliskan Samsung sedang mengembangkan sensor kamera 600 MP untuk ponsel.

    Dokumen tersebut juga menyebutkan bahwa Samsung ingin mengembangkan teknologi ini sebagai solusi untuk tren video 4K dan 8K yang akan semakin mainstream. Sensor ini juga akan menghasilkan video yang di-zoom tanpa mengurangi kualitas video.

    Ternyata, rencana ini telah diumumkan sejak April 2020. Saat itu, bos bisnis sensor Samsung, Yongin Park, pernah mengatakan bahwa perusahaannya ingin membuat sensor kamera yang mengalahkan mata manusia.

    Sebagai perbandingan, mata manusia diperkirakan memiliki resolusi sekitar 576 MP.

    "Gambar yang kita lihat melalui kedua mata kita disebut setara dengan resolusi 500 MP. Kami sebagai pemain industri (sensor kamera) masih memiliki jalan yang panjang untuk bisa menandingi kemampuan tersebut," ujar Yongin saat itu.

    Sensor kamera 600 MP yang dikembangkan Samsung sepertinya menggunakan pixel 0.8µm dan berukuran 1/0.57 inch, seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (7/12/2020).

    Perusahaan asal Korea Selatan itu sepertinya harus bekerja keras untuk menyesuaikan ukurannya, karena sensor ini akan memakan 12 persen area ponsel dan menghasilkan tonjolan setebal 22mm.


    Sebagai perbandingan, Galaxy Note 20 memiliki ketebalan 8,3mm dengan modul kamera yang tidak begitu menonjol. Modul kamera setebal 22mm tentu akan membuat ponsel terlihat sangat aneh.

    Namun, belum ada tanggal perilisan untuk ponsel dengan kamera 600 MP tersebut. Saat ini, pengguna hanya bisa menggunakan kamera 108 MP yang akan kembali digunakan oleh Galay S21.

    COMMENT