Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 03 2022

    Selamat Hari Sepeda Sedunia, Ini Sejarah dan Perayaannya!

    Yuk, pulang kantor pakai sepeda

    Ilustrasi bersepeda (FREEPIK)

    Setiap tahunnya, Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day 2022 dirayakan pada tanggal 3 Juni. Namun, rupanya peringatan hari sepeda baru diselenggarakan selama lima tahun loh, Kawula Muda! 

    via GIPHY

    Pada 12 April 2018 lalu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) baru menyatakan secara resmi untuk memperingati 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia. Adapun hal tersebut berdasarkan kesepakatan bulat oleh 193 negara anggota Majelis Umum PBB. 

    Saat itu, terdapat kampanye yang diselenggarakan oleh Profesor Leszek Sibilski yang mendapat dukungan dari Turkmenistan dan 56 negara lainnya.

    Pada 2015 lalu, Sibilski memang mendedikasikan diri untuk proyek akademis. Adapun proyek tersebut membuatnya mengeksplorasi sepeda dan perannya dalam pembangunan. 

    Sibilski pun mulai mempromosikan kepada PBB untuk menetapkan satu hari sebagai hari advokasi dan perayaan sepeda di seluruh dunia. 

    Untuk turut memeriahkan peringatan hari tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, turut mengajak warga Jakarta ikut serta. Ia mengusulkan agar warga Jakarta menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor khusus pada Hari Sepeda Sedunia tersebut. 

    Nah, buat lo yang mau ikut serta memperingati Hari Sepeda Dunia tetapi gak punya sepeda, tenang saja ya Kawula Muda! Berikut beberapa tautan twibbon yang dapat lo bagikan di berbagai media sosial pribadi lo.

    Pilihan 1
    Pilihan 2

    Pilihan 3

    Pilihan 4

    Sekali lagi, selamat Hari Sepeda Sedunia, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT