Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 12 2022

    Singapura Olah Urine jadi Bir

    Lo tertarik nyoba ga, Kawula Muda?

    Ilustrasi minuman beralkohol (UNSPLASH/Adam Jaime)

    Sebuah pabrik bir di Singapura perkenalkan inovasi bagi para pecinta alkohol di negara tersebut. Pasalnya, mereka kini tengah mendaur ulang urine manusia menjadi minuman beralkohol alias bir.

    Adapun inovasi tersebut bertujuan untuk menyelesaikan masalah lingkungan. 

    BirIlustrasi minuman beralkohol (UNSPLASH/Andrew Seamen)

    Diberi nama NEWBar, bir tersebut terbuat dari cairan yang didaur ulang dari limbah, termasuk urine manusia. Mereka mengumpulkan air limbah tersebut, kemudian disaring dan dipompa ke sumber air Singapura. 

    Tempat pembuatan bir Brewerkz menyatakan bahwa bir tersebut dapat dinikmati dengan mudah dan cocok untuk iklim tropis Singapura. Adapun bir tersebut diklaim memiliki rasa seperti madu panggang yang lembut. 

    Adapun hal serupa sebelumnya telah dilakukan untuk membuat air minum bersih di Singapura sejak 2017 lalu. Diberi nama NEWAter, perusahaan menegaskan bahwa air daur ulang tersebut cukup bersih untuk diolah menjadi bir. 

    Walau begitu, ini bukan pertama kalinya urine diolah kembali menjadi bir. Melansir The Strait Times, perusahaan bir rumahan asal San Diego, Stone Brewing, juga meluncurkan bir yang terbuat dari urine. Adapun bir tersebut diberi nama Stone Full Circle Pale Ale dan dirilis pada 2017 lalu. 

    Gimana? Lo tertarik nyicipin birnya ga, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT