Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 19 2022

    Sperma Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp 70 Miliar!

    Hai Kawula Muda, kenapa sperma ini begitu istimewa ya?

    Ilustrasi cairan sperma. (FREEPIK)

    Sperma adalah cairan yang mengandung sel-sel reproduksi jantan yang berukuran mikroskopis. Setiap makhluk hidup yang bereproduksi dengan cara seksual dan berjenis kelamin jantan pasti akan menghasilkan sperma.

    Tapi tahukah Kawula Muda kalau ada sperma yang harganya super mahal dan mencapai puluhan miliar rupiah?

    Sperma kuda yang berasal dari thoroughbred ini dinobatkan sebagai cairan termahal di dunia pada 2020. Harga sperma tersebut bahkan bisa mencapai Rp 70 miliar per galon. 

    Melansir dari Horse Racing Sense, thoroughbred atau kuda ras murni memang terkenal sebagai jenis kuda terbaik. Kuda ini lincah luar biasa, memiliki kecepatan fantastis, dan unggul di pacuan kuda.

    Kuda dari jenis ini juga terkenal cerdas dan memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Naluri alamiah kuda thoroughbred untuk selalu menang menjadikannya kuda pacuan yang bisa diandalkan.

    KUDAIlustrasi kuda ras murni. (FREEPIK)

     

    Kenapa sangat mahal?

    Salah satu penyebab mahalnya sperma kuda thoroughbred adalah tingkat kesulitan untuk mendapatkan cairan.

    Dalam satu kali ejakulasi, sang kuda hanya mampu mengeluarkan sekitar 80 ml air mani. Air mani itu kemudian dikumpulkan dalam tabung bening yang bisa menyimpan 150 sampai 200 juta sel sperma.

    Dari satu tabung itu nantinya akan lahir banyak bayi kuda unggulan. Bagi peternak kuda, masalah genetik adalah hal yang paling utama. Bahkan investor akan rela membayar harga tinggi hanya untuk air mani kuda yang berkualitas.

    Dari air mani tersebut, mereka berharap bisa mendapatkan anak kuda berkualitas yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan besar.

    Meskipun anak kuda yang berasal dari keturunan kuda unggulan tidak menjamin akan menjadi kuda pemenang, tetapi riwayat keturunan dari si anak kuda ini tampaknya akan menjamin harga jualnya yang tinggi di kemudian hari.

    Editor Team

    COMMENT