Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 14 2020

    Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

    Hai Kawula Muda, dua perempuan hebat Indonesia masuk daftar paling berpengaruh di dunia. Keren!

    Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati. (INSTAGRAM)

    Setiap tahun, majalah bisnis Forbes mengeluarkan daftar berbagai kategori terbaik di bidangnya di dunia. Untuk ketegori Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia atau The World’s Most Powerful Women, nama dua perempuan Indonesia masuk di dalamnya.

    Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

    Dalam daftar ini, Forbes menempatkan Nicke di peringkat ke-25, sementara Sri Mulyani di peringkat ke-78 dari 100 nama perempuan paling berpengaruh di dunia.

    Sri Mulyani bukan yang pertama kali 

    SRI MULYANIMenteri Keuangan RI, Sri Mulyani. (INSTAGRAM/SRI MULYANI)

      

    Tahun ini nama Sri Mulyani Indrawarti kembali masuk dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia.

    Menurut Forbes, sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani dianggap berhasil meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan. Reformasi dilakukan melalui perluasan layanan e-filling dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

    Selain itu, Sri Mulyani juga sempat mendapatkan penghargaan bergengsi dunia Best Minister Award dari World Government Summit 2019, sebagai penghargaan atas upayanya melakukan reformasi di kalangan perpajakan.

    Nilai tambah lainnya, Sri Mulyani ini juga dianggap aktif mempromosikan kesetaraan gender saat menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

    Nicke Widyawati mampu meningkatkan laba

    NICKE WIDYAWATIDirektur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. (INSTAGRAM/NICKE WIDYAWATI)

     

    Nicke Widyawati menjadi Direktur Utama Pertamina sejak Agustus 2018. Di bawah kepemimpinannya, Forbes memandang kinerja keuangan Pertamina menjadi lebih baik. Tercatat, tahun lalu Pertamina mampu membukukan pendapatan hampir 55 miliar dolar AS dan laba sekitar 2,5 miliar dolar AS.

    Sebelumnya, pada Oktober 2020, Media terkemuka Fortune menobatkan Nicke Widyawati sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia atau Most Powerful Women International.

    Ia berada di urutan ke-16 mengalahkan sejumlah CEO global dunia, seperti CEO & Direktur Ekesekutif Temasek Ho Ching (peringkat ke-20) dan President Foods and Refreshment Unilever Hanneke Faber (peringkat ke-23).

    Selain Sri Mulyani dan Nicke, sejumlah pemimpin perempuan dari perdana menteri hingga eksekutif perusahaan mendapatkan tempat dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes. 

    Beberapa nama perempuan hebat tersebut adalah Kanselir Jerman Angela Merkel yang menempati peringkat pertama, Gubernur Bank Sentral Eropa Christine Lagarde di peringkat kedua, dan Wakil Presiden AS Terpilih Kemala Harris di peringkat ketiga.

    Selain itu, ada pula Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Presiden Taiwan Tssai Ing-wen, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, dan Gubernur Tokyo Yuriko Koike.

    Editor Team

    COMMENT