Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 19 2023

    Studi: 4 Hari Kerja dalam Seminggu Hasilnya Lebih Produktif

    Katanya, biar bisa mengurangi stres di kantor.

    Ilustrasi pekerja. (FREEPIK)


    Sering kali kita tidak terhindar dari lelah, stres, dan kewalahan akibat bekerja. Walaupun sudah ada waktu libur di akhir pekan selama dua hari, rasanya kurang, ya Kawula Muda.

    Dalam sebuah survei oleh Delotitte, 77 persen responden mengatakan bahwa mereka pernah mengalami stres di tempat kerja mereka saat ini. Karyawan yang biasa semangat untuk bekerja pun juga merasa serupa.

    Dikutip pada laman Business News Daily, Kamis (19/01/2023), Saundra Dalton-Smith, dokter dan penulis Sacred Rest: Recover Your Life, Renew Your Energy, Restore Your Sanity menuturkan, stres yang berlebihan menyebabkan para pekerja berganti-ganti pekerjaan yang baru dan tentu tidak mengeluarkan solusi.

    "Saat ini begitu banyak orang yang merasa tidak berada dalam posisi yang stabil, sehingga mereka beralih ke pekerjaan baru. Kemudian, mereka menemukan diri mereka dalam situasi yang sama (stres),” kata Dalton-Smith.

    Ilustrasi stres kerjaIlustrasi stres bekerja (UNSPLASH)

    Maka dari itulah yang membawa permintaan karyawan untuk mengurangi waktu bekerja. Studi menunjukkan, banyak dari mereka menginginkan empat hari kerja dalam seminggu. Menurutnya, pengurangan satu hari dalam seminggu itu bisa jauh lebih baik.

    Bahkan, sudah ada contohnya seperti di anak perusahaan Microsoft Jepang dan di perusahaan jasa keuangan Selandia Baru, Perpetual Garden. 

    Perusahaan tersebut memperlihatkan jam kerja yang lebih singkat dapat meningkatkan produktivitas, atau menurunkan kepadatan kerja.

    Empat hari bekerja dalam seminggu pun adalah bagian dari realisasi yang besar oleh perusahaan. Itu juga menyangkut dengan karyawan jika merasa dihargai, mereka akan lebih berkomitmen dan lebih baik dalam pekerjaan.

    “Jika sebuah perusahaan bisa fleksibel dan memahami kemanusiaan dari keseimbangan kehidupan kerja, mereka akan mendapatkan lebih banyak bakat dan kreativitas orang,” tutur Evan Myers, wakil presiden senior di AccuWeather.

    Sebenarnya, sudah banyak perusahaan yang menerapkan empat hari bekerja dalam seminggu. Perusahaan mengandalkan karyawan yang cukup istirahat untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan saat mereka berada di kantor.

    Kawula Muda, kantor lo udah menerapkan sistem kayak gini juga belum?

    Editor Team

    COMMENT