Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 17 2023

    Studi: Uang Bisa Beli Kebahagiaan untuk Siapa Saja Benar Adanya!

    Bahkan, bisa buat orang senang dalam jangka waktu yang lama.

    Ilustrasi orang kaya belanja (UNSPLASH)


    Kawula Muda, lo pernah dengar kalimat "Uang bisa membeli kebahagiaan"? Ternyata, kalimat tersebut terbukti benar dan telah dibuktikan secara ilmiah, loh!

    Sebuah studi menunjukkan, uang memang bisa membeli kebahagiaan. PayPal melalui kemitraan dengan organisasi TED, memberikan uang 10 ribu dolar AS atau Rp 150 juta kepada 200 orang.

    Responden dalam penelitian ini, berasal dari tiga negara berpenghasilan rendah Brasil, Indonesia dan Kenya, dan empat negara berpenghasilan tinggi yakni Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat.

    Ilustrari orang kayaIlustrasi orang kaya (UNSPLASH)

    Melansir dari NBC News, Senin (16/01/2023), peserta yang mendapat uang itu harus membelanjakan semua uangnya dalam waktu tiga bulan. Peneliti mencatat betapa bahagianya perasaan mereka setiap bulan.

    Para peneliti mengukur kebahagiaan dengan menyuruh responden untuk mengurutkan seberapa puas mereka hidup pada skala 1 sampai 7.

    Responden juga harus menyebutkan seberapa sering mereka mengalami perasaan positif, seperti kebahagiaan dan perasaan negatif seperti kesedihan, pada skala 1 sampai 5.

    Bakal bahagia dalam waktu yang panjang

    via GIPHY

    Temuan menunjukkan, peserta dari negara berpenghasilan rendah memperoleh kebahagiaan lebih banyak tiga kali lipat daripada mereka yang berasal dari negara berpenghasilan tinggi.

    Orang yang berpenghasilan 10 ribu dolar AS atau Rp 150 juta setahun memperoleh kebahagiaan dua kali lebih banyak daripada mereka yang berpenghasilan 100 ribu dolar AS atau Rp 1,5 miliar setahun.

    "Beberapa orang menghabiskan banyak uang untuk melakukan renovasi besar-besaran di rumah mereka," kata Ryan Dwyer, mahasiswa di Universitas British Columbia, sekaligus rekan penulis studi tersebut.

    Dia juga menambahkan, orang-orang yang mendapat undian juga sangat mempengaruhi mereka dengan menjadi lebih bahagia sampai pada tahun-tahun berikutnya.

    Sebuah penelitian pada 2007 pun menyimpulkan bahwa orang yang menang undian 200 ribu dolar AS atau 2 miliar memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik daripada yang tidak menang sama sekali.

    Kawula Muda, lo juga setuju sama penelitian ini enggak?

    Editor Team

    COMMENT