Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 22 2022

    Studi Sebut Sinar Matahari Bisa Kecilkan Perut Buncit

    OTW cari sinar matahari!

    Ilustrasi perut buncit (UNSPLASH)


    Perut buncit terkadang jadi masalah oleh beberapa orang, baik wanita ataupun pria. Pasalnya, untuk mengecilkan perut buncit tidaklah mudah.

    Butuh olahraga yang rajin, konsumsi makanan secukupnya dan sehat, serta cara lain yang perlu dilakukan.

    Namun, ada peneliti yang bilang kalau perut buncit bisa mengecil jika terpapar sinar matahari, loh Kawula Muda! Apa iya bisa?

    Melansir dari Medical News Today, Kamis (22/09/2022), peneliti menyebut, lemak yang menyebabkan perut buncit berhubungan dengan kurangnya sinar matahari. Sinar matahari memberikan lebih banyak peluang untuk membakar lemak serta menurunkan berat badan.

    Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti bernama Peter Light. Dia bilang, kekurangan sinar matahari bisa berakibatkan kenaikan berat badan.

    "Paparan sinar matahari yang tidak mencukupi selama delapan bulan dalam setahun dapat meningkatkan penyimpanan lemak. Kenaikan berat badan yang dialami sebagian dari kita terjadi selama musim dingin," terangnya.

    Ilustrasi perut buncitIlustrasi perut buncit (UNSPLASH)

    Paparan sinar matahari memengaruhi fungsi jaringan adipose putih pada manusia. Sel-sel ini ditemukan di bawah kulit atau di sekitar perut yang berfungsi menyimpan trigliserida. Apabila disimpan terlalu banyak, maka dapat memicu terjadinya obesitas.

    "Ketika panjang gelombang cahaya biru matahari menembus kulit kita dan mencapai sel-sel lemak tepat di bawahnya, tetesan lemak berkurang ukurannya dan dilepaskan keluar dari sel," lanjut sang peneliti.

    Selain itu, sinar matahari juga punya kandungan vitamin D yang bagus untuk penurunan berat badan, loh Kawula Muda. Studi ini menunjukkan, wanita yang memenuhi vitamin D akan mengalami penurunan berat badan lebih, rata-rata 3,3 kg, dibanding wanita yang kurang vitamin D.

    Rasa kenyang lebih lama juga dirasakan dari vitamin D. Ada kadar serotonin dan neurotransmitter yang bisa naik untuk memengaruhi suasana hati sampai jam tidur. Makanya, serotonin ini bisa mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

    Gimana Kawula Muda, siap untuk rajin berjemur di pagi hari?

    Editor Team

    COMMENT