Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 04 2021

    Terjadi Inflasi 3,5 Persen, Tel Aviv Israel Jadi Kota Pertama dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

    Kawula Muda, gak kebayang, ya, kalau tinggal di Tel Aviv kayak gimana!

    Tel Aviv, Israel. (GETTY IMAGES)

    Kawula Muda, Economist Intelligence Unit (EIU) akhirnya merilis peringkat kota dengan biaya hidup termahal di dunia tahun 2021, nih!

    Hasilnya, kota Tel Aviv, Israel naik lima peringkat dan menduduki posisi teratas kali ini, mengalahkan Paris yang berada di posisi ke-2 dan Singapura yang kini di posisi ke-3.

    Sementara itu, urutan keempat dan kelima yaitu Zurich dan Hong Kong—yang sebelumnya menempati peringkat ke-1 dan ke-3.

    Dikutip dari HAI, sebenarnya tak mengherankan jika Tel Aviv berada di posisi pertama. Pasalnya, terjadi penguatan mata uang Israel, shekel, terhadap dolar AS.

    Selain itu, kesuksesan Israel dalam menjalani program vaksinasi Covid-19 juga menjadi salah satu faktornya. Bahkan, pada 29 November 2021 lalu, sudah sebanyak 62 persen populasinya mendapatkan vaksinasi lengkap atau dua dosis.

    Meskipun mata uang shekel sempat naik 4 persen terhadap dolar kemudian turun kembali. Namun, harga barang dan jasa di Tel Aviv dinyatakan mengalami kenaikan (inflasi) sebesar 3,5 persen year-on-year (YoY) pada mata uang lokalnya hingga September 2021.

    Momentum meningkatnya laju inflasi yang begitu pesat dalam lima tahun terakhir tentu menimbulkan berbagai permasalahan, mulai dari rantai pasokan, fluktuasi nilai tukar mata uang, hingga harga komoditas dan barang lainnya yang mengalami kenaikan.

    Alhasil, harga bensin per liter di Tel Aviv, Israel telah naik sebesar 21 persen pada tahun ini.

    Editor Team

    COMMENT