Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 17 2020

    Ternyata Ini Lho yang Bikin Ketiak Bau!

    Kawula Muda, tahu nggak, ternyata deodoran justru bikin ketiak jadi tambah bau!

    Foto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

    Bau keti alias bau ketiak jadi salah satu masalah terbesar yang bisa membuat seseorang jadi enggak pede atau percaya diri.

    Berbeda dari pandangan umum, ternyata ketiak itu sebenarnya enggak bau lho! Namun, ada beberapa hal yang membuat ketiak akhirnya menjadi bau. Sebagian besar justru disebabkan oleh gaya hidup modern.

    Berikut beberapa alasan yang membuat ketiak menjadi bau.

    1. Antiperspiran yang terdapat di deodoran

    BAU KETIAKFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Percaya enggak percaya, tetapi produk yang seharusnya membuat ketiak kalian jadi tidak bau ini, justru menjadi penyebab utama ketiak mengeluarkan bau tak sedap.

    Pasalnya, deodoran bisa menjadi makanan bagi bakteri jahat penyebab bau enggak sedap. Ketiak kamu juga menjadi lebih kering dan tidak sehat.

    Pakar kesehatan mulai menyarankan agar tidak menggunakan deodoran, jika mengalami masalah bau badan.

    Cara yang lebih efektif menghindari bau ketiak adalah dengan mencuci ketiak menggunakan air biasa, dua sampai tiga kali sehari.

    2. Stres

    MENANGISFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Stres menjadi salah satu penyebab bau ketiak. Para ahli menemukan bahwa keringat yang keluar karena dipicu oleh stres secara otomatis akan melepaskan dua hormon yang berbau yaitu adrenalin dan kortisol.

    Pelepasan dua hormon tersebut menyebabkan bau badan. Jadi, kalau mau terhindar dari bau ketiak, jauh-jauh deh sama yang namanya stres!

    3. Terlalu banyak mengonsumsi obat

    OBATFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Beberapa obat ternyata dapat menyebabkan bau enggak sedap ketika dikonsumsi.

    Obat-obatan tersebut antara lain obat anti-depresan, anti-alergi, obat diet, beberapa vitamin, suplemen herbal, dan obat-obatan pengendali kelahiran tertentu.

    Kini beberapa perusahaan farmasi terkemuka mulai mencantumkan bau enggak sedap sebagai efek samping dari obat mereka, sehingga konsumen bisa tahu sebelum memakai.

    4. Hormon

    BAUFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

     Bau enggak sedap karena hormon terjadi pada pria maupun wanita. Saat remaja, banyak sekali hormon pertumbuhan dalam tubuh. Hormon-hormon inilah yang menyebabkan remaja jadi mudah berkeringat, bahkan tidak sedikit yang berbau.

    Wanita yang memasuki fase menopause juga mengalami keringat yang berbau. Karena di fase tersebut, terjadi penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini menyebabkan pelepasan beberapa bahan kimia yang membuat tubuh jadi berbau enggak sedap saat berkeringat.

    5. Pakaian

    PAKAIANFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

    Ternyata ada alasan bagus mengapa katun dianggap sebagai salah satu bahan terbaik untuk pakaian kamu.

    Katun memungkinkan kain dan tubuh bernafas dengan bebas. Hal ini membuat bakteri tidak banyak menumpuk di tubuh.

    Sebagian besar bahan pakaian lainnya membuat tubuh serasa panas dan menjebak bakteri. Ini tentu saja membuat keringat jadi bau.

    Jadi mulai sekarang jika tidak ingin bau ketiak, gantilah pakaian kamu dengan yang berbahan katun.

    6. Diabetes

    DIABETESFoto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

     

     Jika kamu sering berkeringat dan baunya tak sedap, lebih baik kamu pergi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan diabetes.

    Ketika tubuh kehabisan insulin dan menjadi sangat membutuhkan bahan bakar untuk berfungsi, maka tubuh akan membebani keton.

    Keton adalah molekul energi yang dibuat dari asam lemak dan bertindak sebagai bahan bakar tubuh. Keton akan membuat keringat menjadi bau.

    Editor Team

    COMMENT